Gandeng Kementan, SMKN Rangkasbitung Pelajari Hidroponik Untuk Materi Pendidikan

udin abay | Selasa, 11 Desember 2018 , 20:15:00 WIB

Swadayaonline.com - BPTP Balitbangtan Banten, Kementan menjadi narasumber pada Pelatihan Teknis Kompetensi Agribisnis Tanaman Sayuran Secara Hidroponik.

Pelatihan dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan SMK Pertanian mendukung ketahanan pangan.  Tujuannya adalah sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran produktif pada Program Studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMKN 2 Rangkasbitung.  

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala  SMKN 2 Rangkasbitung, Drs. Mukmin, M. Pd.  "Peningkatan kompetensi guru sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas diri dalam menunjang tugas dan fungsi sebagai tenaga pendidik mendukung ketahanan pangan," ucap Drs. Mukmin dalam sambutannya.

Pelatihan diikuti oleh 9 orang guru mata pelajaran produktif program studi agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

BPTP Banten berkontribusi sebagai narasumber dalam keadaan kegiatan ini dengan menugaskan Penyuluh Pertanian Ahmad Fauzan, SST, dan Peneliti Sri Kurniawati, SP., M. Si dengan materi masing-masing  berupa Teknologi Budidaya Sayuran Ramah Lingkungan dan Hidroponik, serta Pengendalian OPT pada Tanaman Hortikultura.

"Materi yang disampaikan luar biasa bermanfaat bagi pengembangan materi pendidikan di sekolah" ujar  Abdurrahman Taufik salah satu guru peserta pelatihan. SY/HMSL