Berwisata dengan Peningkatan Pengetahuan Teknologi Sayuran

udin abay | Rabu, 12 Desember 2018 , 17:35:00 WIB

Swadayaonline.com - Awal pekan di bulan Desember, mendekati akhir tahun Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang tetap menjadi salah satu tempat favorit yang dikunjungi. Sebanyak 4 unit bis memasuki komplek BBPP Lembang. Rombongan berasal dari SMP Islam An Nur Bekasi, Senin (03/12/2018).

Sebanyak 189 siswa didampingi 24 guru antusias turun dari bis dan ingin segera mengelilingi lahan di Balai. Rombongan dibagi menjadi lima kelompok untuk mengitari beberapa area lahan Inkubator Agribisnis (IA). Seperti proses pembuatan Biogas dan Pupuk Kompos, Screen House Aeroponik Kentang, Screen House Hidroponik Tomat Beef, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), lahan tanam selada, cabai, dan sayur pagoda.

Selama mengelilingi lahan, rombongan dimanjakan oleh hijaunya sayuran yang tumbuh segar. Para siswa memanfaatkan waktu mereka untuk diskusi bersama pembimbing sambil mengisi LKS masing-masing. Tidak lupa para siswa dan guru juga berswafoto, mengabadikan momennya di BBPP Lembang.

"Lahannya luas banget, sayurannya banyak, macem-macem jadi pengen nanem" komentar Mila, Tia, dan Putri, siswi kelas 8 SMP Al Islam An Nur.

"Kami para guru sengaja mengajak siswa kelas 7 dan 8 untuk melihat secara langsung bagaimana cara bertani yang baik. Sekaligus mengisi mata pelajaran di sekolah, yaitu Gardening & Green School. Jadi setelah mereka mengunjungi BBPP Lembang diharapkan siswa siswi ini dapat mempraktekkan secara langsung ilmu yang didapatkan disini. Kebetulan sekolah kita memilili lahan yang luas, jadi harus dimanfaatkan untuk berkebun, bertanam demi meningkatkan soft skill juga", ucap Bapak Ari, salah satu guru sekaligus ketua rombongan. SY/TYA