Kepala BBPP Ketindan Ajak Karyawan Tanam Cabai

udin abay | Sabtu, 18 Maret 2017 , 12:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Malang, merupakan unit pelaksana teknis bidang pelatihan pertanian bagi aparatur dan non aparatur dibawah tanggung jawab Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian yang mendapat tugas mensukseskan program Gerakan Tanam (gertam) 50 juta pohon cabai.

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Malang, Djajadi Gunawan membagikan bibit benih cabai kepada seluruh karyawan BBPP Ketindan saat upacara Hari Kesadaran Nasional pemberian benih tersebut agar seluruh karyawan dapat menanam dipakarangan rumah masih-masing sekaligus mensukseskan program pemerintah(17/3/2017).

"Ini awal untuk membiasakan diri kepada masyarakat untuk menanam dan produksi cabai sendiri, sehingga masyarakat tidak usah membeli lagi sekaligus menstabilkan harga cabai yang tinggi di pasar," ujar Djajadi. Gertam Cabai ini solusi permanen selain komoditas strategis lainnya untuk mencapai swasembada pangan. Tàmbahnya.

Djajadi juga mengungkapkan, nantinya tidak hanya cabai yang ditanam di pekarang rumah dan lahan tidur tapi juga tanaman sayur lainnya. Penanaman pekarangan rumah sebenarnya sudah banyak dilakukan masyarakat, namun akan lebih dimasifkan dengan gertam cabai. Cabai yang ditanam, disiram dan dirawat sendiri lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida. SY