Menteri Pertanian Berikan Bantuan 1,5 Juta Bibit Kakao Dan Alsintan di Kolaka Utara

udin abay | Kamis, 27 Desember 2018 , 18:03:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian Dr. Amran Sulaiman hari ini 27 Desember 2018 melakukan kunjungan kerja ke Kolaka Utara. Dalam kunjungan tersebut Menteri Pertanian didampingi Gubernur Sultra, Bupati Kolaka Utara, Kapolda Sultra, Danrem 143 Halu Oleh, Dirjen Perkebunan, Anggota DPD RI, Kadis Pertanian Sutra, Kadis Perkebunan Sultra, BPTP Balitbangtan Sultra, Tokoh Masyatakat, Peneliti dan Penyuluh Pertanian, melakukan panen jagung seluas 150 ha dan tanam bibit kakao sambung pucuk sebanyak 1.5 juta pohon, di desa Kalahunde Kecamatan Pakue Tengah Kab. Kolaka Utara.

Bupati Kolaka Utara melaporkan bahwa Menteri Pertanian telah lama ditunggu di Kolut. Masyarakat Kolaka Utara siap mensukseskan pembangunan pertanian dan perkebunan di Kolut. APBD Kolut 800 M . Revitalisasi kakao, 80 % masyarakat Kolut bertumpu pada komoditas kakao. Tebang sampai panen kakao Pemkab menanam tanaman sela dengan tanaman jagung. Benih jagung 190 ton bantuan Mentan, Perbankan serta Gempita kerjasama dgn LEMS. Potensi kakao seluas 87.000 ha, 43.000 ha diantaranya perlu revitalisasi. Kolut juga memiliki potensi cengkeh dan lada. Ke depan akan dikembangkan Industri Pengolahan Kakao.

Mentan pada kesempatan itu melakukan panen jagung hibrida dengan produktivitas 5 ton per ha serta menyaksikan operasional alat pemipil jagung rakitan petani Kolaka Utara. Alat pemipil dengan kapasitas 1.5 ton per jam saat ini sedang dalam usulan paten ke Kemenkumham. Menteri Pertanian dalam kesempatan itu menyerahkan bantuan bibit kakao 1.5 juta pohon dan bibit kelapa 36.000 pohon, serta bantuan Alat dan Mesin Pertanian terdiri dari Traktor roda 2 sebanyak 10 buah traktor roda 4 sebanyak 2 buah, Combine Harvester, Transplanter dan Eskavator, kepada Bupati Kolaka Utara. Bibit sambung pucuk dengan potensi produksi 3.5 ton per ha. SY/HNSL