BBPP Lembang Raih Akreditasi A untuk Pelatihan Teknis Agribisnis

aa | Kamis, 27 Desember 2018 , 16:12:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang raih Akreditasi A dan berlaku selama 5 tahun, untuk 2 jenis pelatihan yaitu Pelatihan Teknis Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Buah dan Sayuran, dan Pelatihan Teknis Budidaya Bawang Merah. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Nomor: 193/Kpts/SM.120/I/11/2018 tanggal 5 November 2018.

Perjuangan dan perjalanan panjang meraih akreditasi pelatihan. Dimulai dengan secara internal menetapkan judul pelatihan yang akan diajukan akreditasinya. Lalu mengumpulkan kelengkapan administrasi setiap pelatihan meliputi: Kemandirian Lembaga, Penyelenggara (Pengelola, Penyelenggara Pelatihan, Tenaga Pengajar, Pengelola SIDA, Perancang Kurikulum, Penganalisis Kebutuhan Diklat); Rencana Strategis; Penjamin Biaya; Fasilitas Diklat, Penjamin Mutu Diklat; Kurikulum; Perencanaan Penyelenggaraan Diklat; Penyelenggaraan Diklat; Monev Penyelenggaraan Diklat, Hasil Penyelenggaraan Diklat.

Setelah itu, dokumen diserahkan kepada Tim Asesor dan Tim Sekretariat Akreditasi Pelatihan, Pusat Pelatihan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian untuk dilakukan verifikasi dan penilaian. Akreditasi pelatihan sebagai bagian untuk mendukung pelaksanaan Reformasi Birokrasi agar tercapai aparatur pemerintahan yang kompeten untuk memberikan pelayanan kepada publik.

Ini dilakukan untuk meningkatkan mutu, efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pelatihan, sehingga ada penjaminan kualitas penyelenggaraan pelatihan teknis pertanian, dengan harapan lembaga pelatihan sebagai lembaga pengembangan kompetensi sumber daya manusia secara profesional mampu melaksanakan pelayanan publik yang prima. SY/CTY