Pelatihan Pertanian Organik Onsite Training Model

aa | Kamis, 10 Januari 2019 , 12:10:00 WIB

Swadayaonline.com - Secara simultan sebanyak 3 angkatan dengan jumlah peserta 90 orang petani, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Taiwan Technical Mission menyelenggarakan pelatihan berbasis outcome, yaitu Pelatihan Onsite Training Model Extra (goes to Organic).

Untuk Angkatan 1, dibuka secara resmi pada Rabu (09/01/2019). Pembukaan oleh Kasie Pelatihan Non Aparatur, Irwan Waluya. Pelatihan dilaksanakan di lokasi usaha petani maju (core farmer) di Kelompok Tani Baraya Tani Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Harapannya peserta mampu menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti pelatihan langsung dalam situasi nyata dengan bimbingan langsung dari pendamping lapangan. Dengan demikian kompetensi praktis peserta pelatihan dapat ditingkatkan dan dinamika perkembangan permasalahan di lapangan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Peserta pelatihan sebanyak 33 orang petani.

Tujuan pelatihan ini yaitu: meningkatkan peran petani maju (core farmer) untuk membimbing dan membina anggota kelompoknya dan petani sayuran organik disekitarnya,, mengintegrasikan dan menguatkan hubungan antara core farmer dan petani binaan untuk membangun jejaring kemitraan dan pemasaran untuk komoditas sayuran organik, mewujudkan petani sayuran menjadi petani yang mampu berwirausaha secara kreatif, inovatif, berdaya saing, berwawasan global dan profesional sehingga mampu mencapai target peningkatan pendapatan, dan memecahkan permasalahan yang dihadapi petani sayuran organik. SY/CTY