BBPP Lembang Selenggarakan Pelatihan Onsite Training Model Extra

aa | Kamis, 10 Januari 2019 , 12:22:00 WIB

Swadayaonline.com - Mengawali tahun 2019 sebagai tahun pengembangan SDM pertanian seperti yang dicanangkan oleh Presiden RI dan untuk mencapai tujuan Kementerian Pertanian yaitu kesejahteraan petani dalam wujud meningkatnya kualitas dan pendapatan petani. maka Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Taiwan Technical Mission (TTM) menyelenggarakan Pelatihan Onsite Training Model Extra (goes to Organic). Pembukaan pelatihan, Selasa (08/01/2019) oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Ramadani Saputra.

“Pelatihan Onsite Training Model ini berbasis outcome, bertujuan untuk peningkatan kemampuan petani dalam budidaya tanaman sayuran secara organik, harapannya meningkat pula pendapatannya karena nilai jual tanaman organik yang cukup tinggi”, ungkapnya. Lebih lanjut disampaikan “Tujuan akhir dari pelatihan ini yaitu membantu pemasaran sayuran organik peserta pelatihan. Kami sudah membangun show window di balai untuk tempat display produk petani agar menarik minat orang untuk membelinya”.

Pelatihan dilaksanakan selama 7 sesi, bertempat di Kelompok Tani Multi Karya, Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Peserta pelatihan sebanyak 30 orang petani. Fasilitator pelatihan yaitu penyuluh pendamping, POPT, Alumni Workshop Organik TTM, core farmer alumni TTM, dan praktisi organik. Tujuan pelatihan ini yaitu meningkatkan peran petani maju (core farmer) untuk membimbing dan membina anggota kelompoknya dan petani sayuran organik disekitarnya, mengintegrasikan dan menguatkan hubungan antara core farmer dan petani binaan untuk membangun jejaring kemitraan dan pemasaran untuk komoditas sayuran organik, mewujudkan petani sayuran menjadi petani yang mampu berwirausaha secara kreatif, inovatif, berdaya saing, berwawasan global dan professional sehingga mampu mencapai target peningkatan pendapatan, dan memecahkan permasalahan yang dihadapi petani sayuran organik. SY/CTY