Saatnya Menjadikan Generasi Muda Sebagai Pengusaha Pertanian Melalui PWMP

aa | Kamis, 10 Januari 2019 , 19:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Memulai perlu keberanian, membesarkan perlu ilmu, itulah kunci dalam bisnis dan berwirausaha. Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian memberikan bantuan “stimulant dan start up“ usaha bagi Mahasiswa dan Alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dahulu namanya Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Kementerian Pertanian, Alumni Perguruan Tinggi Mitra (PT-M) Kementerian Pertanian dan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) melalui program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian.

Tahun 2016 pada saat launching, dana bantuan diberikan kepada kelompok peserta PWMP sebagai dana bantuan operasional bagi Alumni PT-M dan bantuan beasiswa bagi Mahasiswa Polbangtan dan Siswa SMK-PP. Program PWMP dilaksanakan selama 3 tahun dengan tahapan yaitu tahap penyadaran dan penumbuhan, tahap pengembangan dan tahap pemandirian. Program PWMP dilaksanakan sejak Tahun 2016 dan sudah memfasilitasi dana bantuan kepada 1015 kelompok generasi muda pertanian untuk berwirausaha dalam bidang pertanian dan peternakan. Keberlanjutan usaha sampai dengan tahun ini merupakan tahap pemandirian di tahun 2018 yang pengawalan dan pendampingan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) BPPADMP Kementan, Idha Widi Arsanti mengungkapkan, semangat generasi muda melalui PWMP ditanggapi dengan sikap positif dari dua puluh sembilan Perguruan Tinggi Negeri Mitra Kementerian Pertanian, satu pondok pesantren, enam Politeknik Pembangunan Pertanian dan delapan belas Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan sebagai Institusi/Lembaga Pendidikan yang memberikan bimbingan kepada alumni serta siswa untuk berwirausaha dan sebagai pencipta lapangan kerja/job creator.

Tujuan Program PWMP yaitu: Menumbuhkembangkan dan pemandirian jiwa dan keterampilan kewirausahaan generasi muda di bidang pertanian, mengembangkan peluang bisnis bagi lulusan sehingga mampu menjadi job-creator di sektor pertanian (agribisnis), mendorong pertumbuhan dan perkembangan kapasitas penyelenggara pendidikan pertanian sebagai center of agrisociopreneur development berbasis inovasi.

Tahun 2019, PWMP membuka kesempatan bagi generasi muda yang memiliki minat dan bakat di bidang pertanian untuk mengembangkan keterampilan, memulai usaha sampai dengan pemandirian. Mari bersama dengan yang muda memajukan pertanian mewujudkan lumbung pangan dunia 2045. SY/FKA