Tim Penyusun Borang Polbangtan Kupang Siapkan Lulusan yang Mandiri dan Berdaya Saing

aa | Kamis, 10 Januari 2019 , 21:39:00 WIB

Swadayaonline.com - “Tetap Semangat Pantang Menyerah”, itulah kiranya kata-kata yang cocok menggambarkan suasana kerja Tim Penyusun Borang Prodi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kupang yang semenjak kemarin terus bergelut di depan pengangkat komputernya di Ruang Tulip Hotel Naka Kupang (10/01/2019). Suasana Kota Kupang yang panas tak mempengaruhi semangat tim untuk terus mencari dan menggali referensi dalam menyempurnakan borang prodi.

Tengat waktu yang telah disepakati antara Stefanus Bulu (Kepala Sekolah SMK-PP Kupang) dan Inneke Kusumawaty (Ketua Tim Pendamping dari Pusdiktan) menjadi modal dan tekad seluruh anggota tim untuk bekerja tak kenal lelah menyelesaikan penyempurnaan borang pada waktunya. Tanpa terasa, waktu terus bergulir merambah malam. Kata demi kata yang dirangkai dalam kalimat terus mereka tuangkan dalam lembaran dokumen.

Berbagai sumber referensi terus digali agar memperoleh hasil yang memuaskan. Satu per satu kriteria sesuai persyaratan dokumen borang berhasil disempurnakan dalam dokumen masing-masing prodi. Dalam kesempatan tersebut Inneke mengatakan Kementerian Pertanian mengusulkan pendirian Polbangtan Kupang dengan 3 Program Studi, yaitu Prodi Budidaya Pertanian Lahan Kering (D-III), Prodi Usaha Budidaya Ternak (D-III) dan Prodi Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (D-III). Hal ini sesuai dengan topografi dan potensi sumberdaya alam di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut Inneke, Kementerian Pertanian berharap dengan berdirinya Polbangtan Kupang akan mampu menyediakan tenaga lulusan berkarakter sosioagropreuner yang profesional, mandiri dan berdaya saing serta generasi muda pertanian yang siap membangun wilayahnya, khususnya di wilayah Indonesia Bagian Timur. SY/HSDM