BBPP Lembang Menjadi Contoh Kawasan Agroeduwisata

aa | Jum'at, 11 Januari 2019 , 19:12:00 WIB

Swadayaonline.com - Pagi hari, Jumat (11/01/2019) pukul 10.30 WIB rombongan mahasiswa Polbangtan Bogor Jurusan Penyuluh Pertanian tingkat 1 (satu) hingga 4 (empat) mengunjungi Balai Besar Pelatihan pertanian (BBPP) Lembang.

Tujuan kunjungan ini untuk mengenalkan mahasiswa bagaimana pengembangan dan pelaksanaan agroeduswisata. Di kampus Polbangtan Bogor telah tersedia lahan sekitar 2000 meter, percontohan mini agro park. Kebun ini berfungsi sebagai salah satu sarana media percontohan di Polbangtan, yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum untuk mengenal pertanian secara dini melalui mini agro park tersebut.

Pihak balai menyambut hangat para tamu yg telah lelah di perjalanan. Bapak Rokhedi S.Pt salah satu Widyaiswara sekaligus Manajer Inkubator Agribisnis (IA) menyampaikan sambutannya kepada tamu. “Semoga adik-adik bisa meng-adopt teknologi yg ada di BBPP Lembang agar bisa diaplikasikan di kampus.

Silakan berkeliling, melihat dan berdiskusi secara langsung.” Sebelum berkeliling disampaikan penayangan profil BBPP Lembang, mahasiswa melakukan tanya jawab tentang tata kelola kunjungan di Balai serta bagaimana mengelola zona agribisnis BBPP Lembang. Mendekati waktu shalat Jumat, rombongan segera diajak ke Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), melihat teknologi, kelola KRPL. Penjelasan disampaikan langsung oleh Bapak Rokhedi. Mahasiswa pun antusias diskusi, tanya jawab. Belum puas melihat KRPL, mahasiswa diajak melihat area screen house tomat, cabai,. “kesan saya disini puas banget.

Awal diliat tertata rapi semuanya, baik area perkantoran hingga lahannya. Bukan cuma sekedar lahan pertanian, tapi juga sebagai area rekreasi” ucap Windi mahasiswa cantik semester 3 (tiga). Selain itu Afif, mahasiswa semester 7 (tujuh) pun mengungkapkan “ sebelum kami kesini diberi info BBPP Lembang adalagi pusatnya inovasi, dan ternyata benar. Agroeduwisata bukan hanya keindahan bangunan tapi inovasi, itulah yang menjadi daya tarik.

Konsep urban farming juga bisa dilihat di BBPP Lembang, hal ini bisa menjadi contoh bagi kami di kampus. Kami melihat hal yang unik disini, tanaman masih kecil bisa berbuah lebat”. Pesan Bapak Rokhedi kepada mahasiswa Polbangtan Bogor “tugas adik-adik lah yang mengubah mindset petani konvensional agar lebih maju”. Semoga kunjungan ini bisa menjadi hal positif bagi Balai sebagai contoh, Polbangtan Bogor yang berkunjung hingga masyarakat luas. SY/TYA