Belanja Cerdas, Belanja Produk Berkualitas di LMK BBPP Ketindan

aa | Sabtu, 12 Januari 2019 , 14:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan telah memulai operasional Landbouw Mart Ketindan (LMK). Lantai 1 menjadi center point/muara kegiatan pemasaran produk unggulan BBPP Ketindan, mulai dari produk budidaya tanaman, produk olahan pangan dan hortikultura serta produk pengendalian/pencegahan terhadap OPT yang ramah lingkungan seperti pestisida nabati, agensia hayati dan asap cair.

Tak hanya itu, produk-produk P4S, tenant/usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan BBPP Ketindan juga turut mewarnai outlet yang bernuansa hijau itu. Puluhan jenis produk telah terdisplay dengan apik dan rapi disana. Lantai 2, didesain sebagai rest area yang dilengkapi dengan gerai kopi Lawang.

Keindahan Gunung Arjuna yang berdiri tegak di sebelah barat Lawang dan wilayah sekitarnya dapat dinikmati bersama secangkir kopi. Pengelola LMK, Nining Hariyani menuturkan bahwa, “Keberadaan Landbouw Mart Ketindan selain bertujuan untuk mengembangkan jejaring usaha dan media promosi produk balai dan UMKM, juga menjadi show window kegiatan pelatihan BBPP Ketindan agar lebih dikenal masyarakat luas.

Banyak inovasi bidang pertanian yang sudah dihasilkan oleh BBPP Ketindan dan memiliki nilai jual baik di wilayah lokal, regional bahkan internasional”, tambahnya. Selanjutnya Kepala Balai juga menambahkan bahwa “keberadaan LMK ini juga menjadi laboratorium Widyaiswara Departemen Sosial Ekonomi Pertanian agar dapat mengasah jiwa kewirausahaan dan berinovasi dalam dunia pemasaran baik secara off line maupun on line”.

Tag line LMK adalah “belanja cerdas, belanja produk berkualitas”, melalui jargon tersebut diharapkan masyarakat mau berpikir lebih cerdas dengan membeli produk yang sehat dengan harga hemat dan bersahabat. Semakin banyak membeli dan mengkonsumsi produk hasil olahan tangan kreatif para petani, tentu sama halnya masyarakat turut berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka. Semoga semakin maju BBPP Ketindan. SY/NNG