Mahasiswa Polbangtan Yoma Belajar Alat dan Mesin Pertanian Terbaru

aa | Senin, 14 Januari 2019 , 15:18:00 WIB

Swadayaonline.com - Politeknik pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta khususnya semester 1 prodi teknologi benih, mendapatkan mata kuliah alat mesin pertanian. Mata kuliah tersebut mempelajari semua alat modern pertanian masa kini untuk memudahkan pekerjaan. Mahasiswa teknologi benih sangat antusias untuk mengikuti mata kuliah alsintan tersebut.

Menurut Agus Wastapa, Dosen Alsintan Polbangtan Yogyakarya mengatakan, pelajaran alsintan dapat menarik generasi pemuda dalam bertani dan mengaplikasikannya dilapangan. "Jadi mereka tidak akan takut capek dan sebagainya dan punya pendapat bahwa pertanian itu tidak harus kotor, dan butuh teknologi", ujar Agus.

Mahasiswa yang belajar mata kuliah alsintan akan mendapatkan pengenalan, panfaatan, dan melakukan inovasi teknologi mulai dari olah, tanam, sampai panen dengan menggunakan alsintan.

"Ini kita berikan pelajaran mesin panen harvester, dan mereka sangat antusias sekali, karena ini salahsatu teknologi baru sehingga mereka banyak ingin tahu. Antusiasnya, semangatnya sangat tinggi dalam melakukan kegiatan praktek ini", ungkapnya.

Salwa Amalia Hanafi, salah seorang mahasiswa Teknologi Benih 2 Polbangtan Yoma juga tak kalah antusias dengan masiswa lainnya mengikuti praktek ini.

"Menggunakan traktor dan mesin pertanian modern ini yang menunjang teknologi di era milenial, sangat penting apalagi bagi kita selaku calon petani muda sangatlah berguna, karena untuk mempercepat proses penanaman hingga pemanenan", ujarnya. SY/HBYU