Belajar Panen, Pascapanen, dan Pemasaran Brokoli

aa | Senin, 14 Januari 2019 , 16:19:00 WIB

Swadayaonline.com - Mengawali pekan, Senin (14/01/2018) pagi, sudah terlihat aktivitas di lahan praktik atau yang terkenal dengan sebutan Inkubator Agribisnis Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang.

Pengelola lahan praktik dibantu oleh siswa-siswi yang sedang praktik kerja industri (prakerin) yang saat ini berjumlah 100 orang dari berbagai sekolah menengah kejuruan pertanian di berbagai wilayah di Indonesia. Berbagai sudut lahan praktik seluas 2,5 hektar ini yang terbagi dengan berbagai zona, melakukan aktivitas pertanian, diantaranya, penanaman, pemeliharaan tanaman, persiapan dan pengolahan lahan sebelum ditanami, dan pengolahan hasil pertanian.

Nampak di zona budidaya sayuran di lahan, beberapa siswa prakerin dari SMKN I Cilengkrang Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, asyik memanen satu persatu tanaman brokoli yang sudah siap panen, didampingi oleh pengelola lahan praktik, Jajang. Setelah itu, mereka melakukan penanganan pascapanen dengan melakukan pemangkasan daun pada tanaman brokoli yang telah ditanam, hingga menjadi brokoli yang bulat utuh.

Brokoli yang sudah bersih ditimbang sebelum dipasarkan ke beberapa market yang sudah menjadi rekanan BBPP Lembang. Hasil panen hari ini sebanyak 73 kg yang dipasarkan ke supplier, Yasmin Vegetables dan LM Java. SY/CTY