BBPP Lembang Olah Jagung Manis Jadi Es Cream

udin abay | Selasa, 15 Januari 2019 , 20:26:00 WIB

Swadayaonline.com - Laboratorium Pengolahan Hasil Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang membuat olahan jagung manis hasil panen di balai. Jagung manis yang melimpah tersebut selain dijual segar, juga diolah untuk menambah daya tarik plus nilai jualnya. Membuat olahan yang segar, lezat, bergizi dan manis yaitu menjadi es krim jagung manis.

Mendengar kata es krim sudah terbayang segarnya dan legitnya di lidah. Apalagi di hari yang panas, bukan? Selain jagung manis dibutuhkan susu murni cair, susu kental manis, telur dan cake emulsifier (SP). Jagung manis yang sudah dibersihkan diambil pipilnya sebanyak 500 gram diblender dengan telur 1 (satu) butir dan air hangat 250 ml. Setelah halus kemudian disaring. Larutan yang telah disaring tadi dipanaskan dengan api kecil hingga teksturnya mengental, diamkan hingga dingin kemudian simpan di wadah.

Olahan selanjutnya, susu murni 500 ml didihkan dan dinginkan, tuangkan ke wadah. Larutan jagung yang telah disaring sebelumnya dan susu diaduk menggunakan mixer. Tambahkan 1 (satu) kaleng susu kental manis, SP sebanyak 10 gram yang sudah di tim. Mixer hingga kental dan menyatu semuanya. Kemudian bekukan ke freezer seharian. Proses ini masih belum usai, dikarenakan beku diperlukan mixer sekali lagi agar adonan es krim lebih lembut. Barulah ditempatkan di wadah es krim.

Dingin, lembut, wangi teksturnya. Es krim siap disajikan dan dijual. Olahan ini tidak sulit dalam segi bahan baku, cara membuatnya pun gampang. Tidak ada salahnya kan mencoba di rumah masing-masing, sajikan untuk keluarga tercinta. DY/TYA