Pertanian Ramah Lingkungan dengan PGPR dan Trichoderma

udin abay | Rabu, 16 Januari 2019 , 17:59:00 WIB

Swadayaonline.com - Salah satu lokasi pelaksanaan Pelatihan Onsite Training Model Extra (goes to Organic) kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dan Taiwan Technical Mission adalah di Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang.

Akses menuju desa ini sudah baik. Kita melalui berbagai tempat wisata yang sedang hits di wilayah Lembang, seperti The Lodge dan Air Terjun Maribaya. Sesi 2 pelatihan yang dilaksanakan di Kelompok Tani Baraya Tani ini dilaksanakan pada Rabu (16/01/2019). Tiga puluh tiga orang peserta diberikan materi tentang Perbanyakan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dan inokulasi trichoderma mulai dari persiapan alat dan bahan, mekanisme pembuatan, aplikasinya di lapangan bagaimana serta manfaat yang akan diperoleh saat menerapkan pertanian organik.

Fasilitator merupakan Petugas POPT dari Kecamatan Cipatat KBB. Mr. Moh Go Jong, perwakilan dari TTM turut hadir untuk melihat langsung proses pelatihan berbasis outcome ini. Peserta mempraktikkan langsung pembuatan PGPR dan inokulasi trichoderma. Dede Agus, salah seorang peserta menyampaikan, “saya ingin tahu banyak tentang pertanian organik dan termotivasi sekali dengan pelatihan ini untuk bisa menerapkan organik di lahan sayuran selada romaine dan head lettuce yang saya budidayakan”. SY/CTY