P4S Ikamaja Bagusantri Melahirkan Generasi Petani yang Handal dan Berkarakter

udin abay | Rabu, 16 Januari 2019 , 18:04:00 WIB

Swadayaonline.com - Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Ikamaja Bagusantri yang dibina oleh Pusat Pelatihan Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang baru saja menerima penghargaan sebagai P4S Berprestasi Tingkat Nasional untuk kategori P4S Utama.

P4S ini concern dalam menciptakan SDM Pertanian yang profesional. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan utamanya dari sisi permagangan ataupun kegiatan lain yang mendukung keberadaan P4S ini ditengah-tengah masyarakat Kota Banjar Jawa Barat. Pernah sebagai tempat Pelatihan Budidaya Padi Sistem Jajar Legowo, Orientasi Magang Jepang bagi Petani Muda,

Peningkatan Kapasitas Masyarakat melalui Pemanfaatan Pekarangan, Pelatihan Pemanfaatan Sampah Organik Rumah Tangga, Instruktur Agri Training Camp (ATC) dan kegiatan lain dilaksanakan oleh P4S Ikamaja Bagusantri. P4S Ikamaja Bagusantri diketuai oleh Abdul Kholiq Ibrahim yang juga Alumni Magang Jepang. Lokasinya di Desa Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar.

Bermula dari keinginan dapat berperan aktif dalam pengembangan sektor pertanian di Kota Banjar agar dapat mensejahterakan petani dan dapat menarik minat generasi muda untuk mau terjun ke pertanian, maka didirikanlah P4S ini tanggal 20 Mei 2006. Tujuannya yaitu “Memotivasi para petani agar menjadi petani yang handal, yang mampu menata dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada menjadi sumber mata pencaharian yang berkesinambungan”.

Pelatihan yang ditawarkan oleh P4S Ikamaja Bagusantri adalah budidaya Padi Ramah Lingkungan, pembuatan Pupuk Organik dan Pestisida Nabati, pemanfaatan Limbah Pertanian, pemanfaatan Sampah Rumah Tangga, budidaya Ikan Nila dan Gurame, budidaya Hortikultura dataran rendah, pembibitan Tanaman.

Kegiatan pelatihan tersebut didukung oleh sarana prasarana seperti sawah percontohan, kebun contoh, ruang pertemuan, sarana ibadah, sarana MCK, perpustakaan sederhana, kolam, ruang pengolahan kompos, hand tractor, mesin composting, hand sprayer, timbangan, moisture tester, pompa air, dan soil tester. Disela-sela kegiatan kunjungan P4S Ikamaja Bagusantri, Abdul Kholiq menyampaikan “Alhamdulillah P4S Ikamaja Bagusantri telah memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kapasitas SDM dan generasi muda pertanian. Ada perubahan sikap, perilaku, dan keterampilan dari peserta setelah mengikuti kegiatan pelatihan dan permagangan di P4S kami, dan kami harap produktivitasnya juga meningkat. Semangat terus P4S untuk melahirkan generasi petani yang handal dan berkarakter”. SY/OKY