Budidaya Kacang Panjang di KRPL

udin abay | Selasa, 22 Januari 2019 , 12:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Rumah pangan lestari dengan prinsip pemanfaatan perkarangan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi telah ada sejak 9 Agustus 2014 di lahan Inkubator Agribisnis Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Lahan di rumah pangan lestari BBPP Lembang yang ada sekitar 400 m2 berfungsi sebagai pemberi keindahan dan keasrian serta penyedia bahan pangan.

Di kawasan ini terdapat kebun, kandang kambing, kandang kelinci, biogas, kolam ikan, hidroponik, akuaponik serta beberapa tanaman seperti talas, ketela pohon, dan ubi jalar. Prinsip pertanian berkelanjutan sangat diterapkan di kawasan ini. Salah satu budidaya yang diterapkan di kawasan rumah pangan lestari adalah budidaya kacang panjang.

Kacang panjang yang dikenal dengan nama latin Vigna sinensis L. sudah lama dibudidayakan oleh orang Indonesia. Adapun tahap awal budidaya kacang panjang adalah pengolahan tanah. Lahan yang akan ditanami kacang panjang sebaiknya diolah dengan cara mencangkul lahan hingga gembur dengan kedalaman 20-30 cm, lalu membuat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter, tinggi 20-30 cm, dan panjang sesuai dengan lahan yang tersedia dan dilakukan pemupukan dengan pupuk kandang 10-15 ton/ha satu minggu sebelum tanam.

Setelah dilakukan pengolahan, langkah selanjutnya adalah merendam benih kedalam air hangat dengan suhu 35-40°C dalam waktu ± 2-4 jam. Lubang tanam dibuat menggunakan tugal sedalam 4-5 cm dengan jarak antar lubang tanam 25-30 cm dan jarak antar barisan 60-75 cm. Setiap lubang tanam diisi dua butir benih, kemudian ditutup dengan tanah tipis tanpa dipadatkan. Benih biasanya berkecambah setelah 5 hari.

Pada proses pemeliharaan, dilakukan penyiraman 2 kali sehari pada pagi dan sore hari pada saat musim kemarau. Pemasangan ajir dengan takiron dilakukan pada hari ke-10 atau setelah tanaman mencapai panjang lebih kurang 25 cm. Pemasangan tali ke ajir atau takiron dilakukan sesuai kebutuhan. Setelah lebih kurang 3 bulan, kacang panjang dapat dipanen dengan cara menggunting gagang buahnya. SY/BYU