Polbangtan Juga Belajar Dengan Petani Kopi Milenial

udin abay | Jum'at, 01 Februari 2019 , 11:22:00 WIB

Swadayaonlinr.com - Tren konsumsi kopi meningkat sejalan dengan meningkatnya popularitas kopi. Saat ini dengan mudah kita temukan café yang menawarkan menu kopi dalam berbagai varian.

Peluang ini ditangkap dengan baik oleh Polbangtan Medan, salah satu lembaga pendidikan tinggi vokasi milik Kementerian Pertanian. Idha Widi Arsanti, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian jeli melihat peluang kerjasama dengan swasta dengan menggandeng PISAgro. PT Nestle sebagai salah satu member PISAgro memberikan kesempatan pada Dosen Polbangtan dan guru SMKPP Sembawa untuk visit studi ke pembibitan dan kebun kopi di Tanggamus Lampung. Saat dijumpai di kebun kopi, petani kopi Tanggamus sangat antusias menjelaskan hal yang terkait dengan budidaya kopi.

Wisman Djaja dari PT Nestle menjelaskan bahwa petani kopi mendapatkan bibit kopi secara cuma-cuma dan diedukasi tentang budidaya kopi yang baik. Edukasi dilakukan dilahan dengan mengumpulkan anggota kelompok tani dan langsung belajar di lahan tentang pemupukan, pemangkasan, pemeliharaan, dan proses panen. Hasil panen kopi disetorkan oleh petani ke KUB (Kelompok Usaha Bersama) untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan standar mutu kopi. SY/INK