Kedelai Varietas Edamame Bisa Menjadi Unggulan Dunia

udin abay | Sabtu, 02 Februari 2019 , 14:21:00 WIB

Swadayaonline.com - PT Mitratani dua tujuh atau yang dikenal dengan PT MT 27 tertarik dengan kedelai sayur yaitu edamame yang dikembangkan Balitbangtan melalui BB Biogen. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT MT 27, Untung Mulyono saat mengunjungi Kantor BB Biogen di Bogor, Selasa (29/1/2019).

Demi meningkatkan daya saing dan volume ekspor kedelai edamame di perusahannya, Untung tertarik menjajaki kerjasama untuk memanfaatkan varietas unggul yang dihasilkan Balitbangtan, Kementerian Pertanian (Kementan). “Kami mendengar BB Biogen menghasilkan kedelai edamame yang unggul. Pada umumnya kedelai itu berbiji dua dan tiga, namun edamame yang dikembangkan BB Biogen berbiji empat. Ini sangat luar biasa. Apabila varietas ini dikembangkan, tidak menutup kemungkinan akan menjadi edamame kualitas ekspor berbiji empat terbaik di dunia,” ujar Untung saat diwawancara.

Untung pun berharap agar pihaknya dapat segera memanfaatkan hasil penelitian tersebut agar segera dikembangkan. Karena menurutnya, produk unggulan baru berupa edamame berbiji 4 mampu memperkuat "branding" PT MT 27 dalam kancah ekspor hortikultura sayuran. Menanggapi hal tersebut, Kepala BB Biogen Mastur PhD menyambut baik rencana kerja sama dengan PT MT 27.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Mastur juga mengenalkan jenis kedelai lain miliki BB Biogen yang mungkin dapat dikembangkan bersama. “Selain edamame yang sedang dikembangkan, kami juga memiliki varietas kedelai biosoy 1dan biosoy 2 yang dalam tahap diseminasi ekstensif. Dua varietas ini memiliki berbagai keunggulan berupa biji besar (sekitar 22 g/100 butir), produktivitas tinggi dan batang yang lebih besar dan kokoh sehingga ada kecenderungan varietas tersebut tahan rebah”, ujar Mastur. PT MT 27 merupakan salah satu anak perusahaan PTPN X yang bergerak dibidang industri sayuran beku terutama edamame. Seiring perkembangannya, perusahaan ini juga memproduksi okra, buncis, jagung dan wortel. Saat ini edamame yang dihasilkan telah diekspor ke Jepang bahkan berbagai negara Eropa dan Amerika serta bagian Asia lainnya termasuk Australia.

Sekadar informasi, PT MT 27 merupakan perusahaan yang bergerak secara khusus dalam industri agro berorientasi ekspor seperti berbagai sayuran beku termasuk edamame. Sayuran hingga saat ini yang sudah berkembang antara lain okra, buncis, jagung dan wortel. Saat ini edamame yang dihasilkan telah diekspor ke Jepang bahkan berbagai negara Eropa dan Amerika serta bagian Asia lainnya termasuk Australia. SY/HMSL