Litbatkan Siswa PKL, BBPP Ketindan Modifikasi Media Hidroganik dan KRPL

aa | Minggu, 03 Februari 2019 , 22:52:00 WIB

Swadayaonline.com - Departemen budidaya di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan sedang giat melakukan modifikasi media dan sistem tanam pada hidroganik. Dimana sebelumnya media tanam adalah pupuk organik, kini diganti medianya dengan memakai pasir Malang, dan dulunya menggunakan sistem sumbu sekarang dibuat dengan sistem deep water.

Pemakaian sistem deep water ini biasanya digunakan pada media hidroponik. Tetapi sekarang sistem ini dicoba pada hidroganik. Kelebihan pada sistem deep water ini adalah membutuhkan nutrisi yang lebih sedikit. Selain dilakukan modifikasi pada media hidroganik, juga dilakukan pengolahan lahan KRPL serta penanaman kembali.

Kegiatan ini dipandu dan dibimbing oleh Nunung Nurhadi selaku widyaiswara departemen budidaya dan penanggungjawab hidroganik dan lahan KRPL. Kegiatan yang dilakukan antara lain peremajaan, pemanenan tanaman yang sudah waktu panen, pengolahan tanah, pembuatan pupuk organic, pembersihan gulma dan penyiapan media tanam untuk hidroganik.

Beberapa siswa PKL dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai tambahan ilmu agar mereka bisa mengembangkan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dan hidroganik secara sederhana baik di sekolah maupun dirumahnya. Bukan itu saja, kegiatan ini sangat aplikatif sekali, bisa dimodifikasi menyesuaikan dengan komoditas spesifik lokasi. SY/YNI