Pelatihan OTM Untuk Meningkatkan Pendapatan dan Produktivitas

aa | Senin, 04 Februari 2019 , 17:23:00 WIB

Swadayaonline.com - Sabtu (02/02/2019), Sinta Andayani, Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, kembali melakukan Kegiatan Pendampingan Pelatihan Onsite Training Model di Desa Cibodas Kecamatan Lembang untuk Angkatan 3, yaitu di Kelompok Tani Multi Karya.

Beberapa anggota kelompok tani tampak hadir untuk menyimak materi pendampingan kali ini yaitu tentang pemilihan lokasi untuk demplot dan persiapan serta pengolahan lahan. Sambil langsung berkunjung ke lokasi rencana demplot, disitulah diskusi santai namun serius agar permasalahan yang mungkin timbul nantinya atau yang sudah timbul dapat dipecahkan bersama-sama saat itu agar kegiatan budidaya yang dilakukan petani peserta Pelatihan Onsite Training Model (goes to Organic) dapat berjalan baik nantinya, produktivitas dan pendapatannya juga meningkat.

Disampaikan oleh Sinta, “syarat sebuah lahan itu cocok untuk dijadikan lokasi demplot yaitu yang nantinya semua anggota kelompok tani dapat berperan aktif di lahan tersebut, dan terutama disesuaikan dengan komoditas sayuran yang akan dibudidayakan”. “Lalu bagaimana mempersiapkan lahan yang akan ditanami sayuran dan bagaimana pengolahan lahan yang baik yang menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam melakukan budidaya sayuran”, jelasnya. SY/CHE