Jeruk Cipamingkis Berujung Manis

udin abay | Selasa, 05 Februari 2019 , 20:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Upaya apapun akan ditempuh oleh petani, bila dirasa usaha tersebut bisa memberikan hasil yang lebih dari yang biasa dilakukan sebelumnya. Bermula dari sekedar hobi memelihara tanaman jeruk, Ade Luken anggota kelompoktani Bina Sejatera memulai bertanam jeruk garut sekitar 200 pohon pada tahun 2013 dan sekarang sudah mencapai 500 pohon di atas 1,2 hetar tanannya.

Sebagai seorang peternak sapi perah dia mengintegrasikan sapi perah dengan tanaman jeruk sampai saat ini. Tak hanya itu, ia pun memiliki ide cemerlang untuk pemasaran hasil panen jeruk tersebut. Bertemakan Ia member kesempatan bagi para Agrowisata Jeruk dan Sapi perah, ia membuka kesempatan kepada pengunjung untuk mencicipi dan memetik langsung jeruk di kebunnya.

Selain disuguhi pemandangan indah alam Sukalarang, para pengunjung bisa berselfie ria di kebunnya. Hingga saat ini banyak sekali pengunjung dari daerah sekitar dan dari luar Kabupaten Sukabumi. Keberhasilan Ade Luken dalam bertanam jeruk, diikuti jejaknya oleh Didi Suhandi Ketua Kelompoktani Bina Sejahtera dan pak H. Iyon.

Dengan prinsip ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi ) maka pada tahun 2017 mereka mulai menanam 500 pohon jeruk dekopon dan sampai sekarang sudah berkembang menjadi 1500 pohon yang ditumpangsari dengan sayuran dataran tinggi seperti kol, sawi putih dan wortel. Diat Sujatman, SST, Kepala BPP Sukalarang mengungkapkan "Keberanian menerapkan suatu inovasi, mampu menghantarkan kesuksesan Kelompoktani Bina Sejahtera dalam mengembangkan jeruk dekopon dipadukan dengan sayuran dataran tinggi.

Upaya ini secara nyata sanggup meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat kampung Cipamingkis". Tak hanya apresiasi dari kepala BPP, kegiatan tersebut mendapatkan disambut baik oleh Kepala Desa Sukalarang, bahkan secara langsung pada tahun 2017 mendapatkan bantuan dari Anggaran Dana Desa Sukalarang. ” Insyaallah Desa Sukalarang akan kami jadikan sentra Jeruk Dekopon dan Agroeduwisata demi mendukung pembangunan pertanian yang ada di Desa Sukalarang.” Ungkap Ir. Ece Surada Kepala Desa Sukalarang. SY/NL