Membasmi Hama pada Tanaman dengan Refugia

udin abay | Rabu, 06 Februari 2019 , 16:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Sesi 5 Pelatihan Onsite Training Model Angkatan I dengan peserta dari Kelompok Tani Baraya Tani di Pasir Angling Suntenjaya Lembang, Rabu (06/02/2019). Diisi dengan materi pengenalan hama pada tanaman sayuran dan bagaimana cara membasminya secara alami atau organik dengan menerapkan Refugia yang sedang hits saat ini dalam sistem pertanian organik. “Manfaat tanaman refugia, dapat mengundang 2 golongan musuh alami hama pada tanaman yaitu predator dan parasitoid”, jelas Eky, Petugas POPT dari Kabupaten Bandung Barat sebagai fasilitator pelatihan ini.

Syarief, petani maju (corefarmer) di angkatan I ini diakhir sesi menyampaikan kesannya mengikuti pelatihan ini “Dulu, petani di tempat kami bertani secara konvensional, semua tanaman sayuran kami tanam disini tanpa mengenal musim, sehingga hama dan penyakit menjadi resisten. Kini, dengan mengikuti pelatihan ini, pengetahuan kami jadi bertambah untuk mengenal pertanian organik. Pembuatan pestisida nabati, pupuk organik cair, trichoderma, PGPR, dan metarizibium, ternyata bahan-bahannya banyak ada disekitar kita, yang bisa kita buat sendiri”.

“Setelah ini, kami Kelompok Tani Baraya Tani akan mulai berbudidaya dengan organik, nantinya hasil panen akan kami supply ke Packing House di BBPP Lembang”, terang Syarief. SY/CHE