Presiden Joko Widodo Bahas THL Penyuluh Pertanian di Istana Bogor

aa | Kamis, 07 Februari 2019 , 16:32:00 WIB

Swadayaonline.com - Presiden Joko Widodo membahas Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian dalam rapat terbatas di Istana Bogor (4/2). Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Momon Rusmono menjelaskan tentang janji Presiden Joko Widodo yang akan memanggil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB) pada 4 Februari terkait status THL TBPP. Saat bertemu dengan Tenaga Pegawai Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TPHL-TBPP) di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/2),

Presiden Joko Widodo ditanya kembali tentang status pengangkatan mereka sebagai pegawai negeri. Presiden meminta waktu untuk memanggil Menpan RB tanggal 4 Febuari dan mengatakan: Izinkan saya membuka UU. Jangan paksakan saya menabrak UU. Saya akan panggil Menpan RB Senin 4 Februari. Presiden Joko Widodo memenuhi janjinya mengundang MenpanRB membahas THL Di Istana Bogor, Senin (4/2).

Ikut diundang dalam Rapat Terbatas tersebut adalah Menteri Pertanian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Sekretaris Kabinet dan Kepala Staf Kepresidenan.

Momon menjelaskan salah satu yang dibahas adalah bahwa pengangkatan THL TBPP akan disesuaikan dengan prosedur yang berlaku. Ditunjukkannya Surat Menteri Pan RB kepada Bupati/Walikota seluruh Indonesia, kecuali Papua dan Papua Barat, perihal pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I tahun 2019 bersifat segera tertanggal 4 Febuari 2019.

Dalam surat MenpanRB dilengkapi jadwal pengadaan PPPK tahap 1, meliputi tahap persiapan dan tahap pelaksanaan hingga hasil seleksi. Pengumuman penerimaan PPPK dilakukan pada 8-16 Febuari, tes seleksi 23-24 Febuari, pengumuman tanggal 1 Maret 2019. SY/CHA