Membuat Olahan Keripik Kentang Kekinian

aa | Kamis, 07 Februari 2019 , 18:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Membuat Olahan Keripik Kentang Kekiniantuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian. Panen yang berlimpah, harga jual yang rendah, cepatnya proses pembusukan atau kerusakan produk pertanian, ataupun ketiadaan pasar adalah permasalahan dari produsen atau petani dalam menghasilkan suatu produk pertanian.

Untuk menjawab hal itu, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang melalui laboratorium pengolahan hasil pertanian Inkubator Agribisnis membuat suatu produk olahan kentang berupa keripik. Hal ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan berupa peningkatan nilai tambah dari produk pertanian.

Dua jenis keripik kentang yang diolah di laboratorium pengolahan hasil pertanian Inkubator Agribisnis BBPP Lembang adalah melalui metode blanching dan non blanching. Pembuatan keripik kentang melalui metode blanching memiliki keunggulan berupa produknya yang lebih tahan lama untuk disimpan karena tidak mudah busuk atau rusak dan keripik kentang yang dihasilkan dalam bentuk produk setengah jadi sehingga tahan disimpan selama lebih kurang 1 tahun. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya dikeringkan menggunakan cabinet dryer dengan suhu 600C selama lebih kurang 12 jam.

Sebelum membuat olahan keripik kentang, terlebih kita mempersiapkan alat-alat seperti vegetable cutter, pisau, tatakan, baskom, loyang, cabinet dryer, penggorengan, spatula, dan satu set kompor gas dan tabungnya. Lalu mempersiapkan bahan seperti kentang varietas Atlantik, minyak goreng, kapur sirih, bawang putih, garam, dan air.

Pada pembuatan keripik kentang dengan metode non blanching, kentang dikupas lalu diiris dengan menggunakan vegetable cutter. Setelah itu kentang direndam dengan menggunakan larutan sirih dengan perbandingan antara air dan kapur sirih adalah 1 gelas air ditambah dengan 1 sendok makan kapur sirih. Kentang tersebut direndam selama 30 menit, lalu dicuci bersih.

Langkah terakhir adalah kentang tersebut digoreng sampai warna kentang berubah menjadi kuning keemasan. Sedangkan pada pembuatan keripik kentang dengan metode blanching, yaitu kentang dikupas kemudian dicuci. Lalu kentang diiris dengan menggunakan vegetable cutter dan direndam menggunakan larutan sirih dengan perbandingan antara air dan kapur sirih adalah 1 gelas air ditambah dengan 1 sendok makan kapur sirih.

Kentang dicuci kembali sampai bersih. Setelah itu diblanching atau direbus selama 3-5 menit dengan menggunakan air yang dicampur dengan bumbu seperti garam dan bawang putih secukupnya. Kentang ditata dengan rapih di atas loyang dan kemudian dikeringkan menggunakan cabinet dryer dengan suhu 600C selama lebih kurang 12 jam. Keripik kentang siap dibungkus kedap udara dan dapat digoreng jika ingin dikonsumsi langsung. SY/BYU