Edu Agripreunership Menuju Lumbung Pangan 2045

aa | Jum'at, 08 Februari 2019 , 09:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian sangat berkomitmen mewujudkan lumbung pangan 2045. Salah satu langkah adalah perbaikan kualitas sumber daya manusia pertanian melalui lembaga pendidikan yaitu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Upaya tersebut terus di galakkan mulai perbaikan infrastruktur, kelembagaan, tenaga pendidik dan kependidikan serta kurikulum yang mengarah ke edu agripreunership.

Edu agripreunership adalah metode brainstorming bagi generasi muda petani agar lebih antusias dalam berwirausaha di bidang pertanian. Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) mulai meningkatkan dan merubah mindset tenaga pendidik dan kependidikan agar mewujudkan Polbangtan yang bermutu, berkualitas, dan go Internasional. Pada tahun 2019 ini Pusdiktan mengadakan beberapa kegiatan antara diantaranya program magang bagi dosen, program pengembangan aplikasi sipados PAK Online, lokakarya penelitian terapan, ujikompetensi, pembinaan dan bimbingan teknis tenaga pendidik dan kependidikan.

Untuk mensukseskan lumbung pangan 2045 beberapa kegiatan tersebut perlu terarah dan terfokus pada pembentukan entrepreneur muda di bidang pertanian melalui dunia pendidikan yaitu polbangtan di seluruh Indonesia. SY/WYU