Polbangtan Siap Ciptakan SDM Profesional

aa | Minggu, 10 Februari 2019 , 18:11:00 WIB

Swadayaonline.com - "Kementerian pertanian pada tahun 2018 telah melakukan transpormasi pendidikan dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)", ungkap Ir. Hasan Latuconsina kepada wartawan.

Menurutnya perubahan tersebut mengakibatkan adanya perubahan visi dan misi dari Polbangtan yaitu melaksanakan pendidikan vokasi di bidang pertanian, mengembangkan karekter unggul, mengembangkan penelitin tarapam, berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan pertanian modern, dan mengembangkan institusi modern sesuai kebutuhan global.

Untuk mencapai visi dan misi tersebut menurut Hasan Latuconsina, Kabid Program dan Kerjasama, Pusat Pendidikan Pertanian, BPPSDMP Kementan, Polbangtan akan segera melakukan terobosan dan kebijakan-kebijakan strategis, antara lain melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder terutama dengan dunia usaha dan dunia industri, kalau tidak maka Polbangtan tidak bisa bersaing dengan polteknik lainnya di Indonesia, apalagi dalam menghadapi revolusi industri for zero (4.0).

Menghadapi revolusi industri 4.0, dan perkembangan tekonologi yang begitu cepat, menurutnya Polbangtan harus focus, cepat, bekerja baik dan berorientasi hasil. Karena pada era teknologi digital ini muncul berbagai peluang dan bisnis sangat menjanjikan terutama peluang bisnis di sektor pertanian. Peluang bisnis ini menurut Hasan Latuconsina harus diisi oleh lulusan polbangtan.

Perubahan yang akan segera dilakukan yaitu pada perubahan kurikulum sesuai dengan program studi, melakukan identifikasi dan standart kompetensi dosen, melakukan rekruitmen dosen dengan keahlian yang dibutuhkan program studi, melakukan perbaikan sarana dan sarana yang dimiliki Polbangtan serta meningkatkan ketrampilan dosen dan mahsiswa melalui program magang ke dalam dan luar negeri, maka lulusan Polbangtan akan menjadi lulusan terbaik dan professional dibidangnya. SY/LTU