Tingkatkan Daya Saing Mahasiswa, Polbangtan Manokwari Jalin Kerjasama Dengan 6 Perusahaan

udin abay | Selasa, 12 Februari 2019 , 14:18:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian Terus Tingkatkan Kapasitas Daya Saing Mahasiswa Milenial Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari sebagai Job Creator di bidang pangan. Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam banyak kesempatan menekankan pentingnya regenarasi petani “Kita jadikan polbangtan bertaraf internasional”. Untuk itu Kementerian Pertanian terus meningkatkan daya saing petani milenial Indonesia melalui kerjasama Polbangtan Manokwari dengan 6 Perusahaan di bidang pangan (12/2/2019).

Kerjasama didesain untuk meningkatkan kapasitas daya saing melalui praktek teaching farm, praktek kerja lapang, penelitian dan pengabdian masyarakat, pengembangan agrowisata dan ekspor tanaman hias hingga rekrutmen tenaga kerja. Kerjasama yang dilakukan antara lain praktek Kerja lapang food processing dengan PT. sayuran siap saji. Kerjasama dengan PT. Medion Farma Jaya untuk praktek teaching farm di bidang peternakan dan kesehatan hewan hingga rekruitmen tenaga kerja. Kerjasama dengan PT. Salsabila Nuresery untuk praktek Kerja lapang di bidang pembibitan dan pemasaran ekspor tanaman hias.

Kerjasama dengan PT. Taman Bunga Nusantara untuk praktek Kerja lapang pembibitan, budidaya tanaman dan agrowisata. Kerjasama Teaching farm dan praktek kerja lapang di bidang peternakan antara lain pengolahan pakan ternak, pembibitan, dan rumah potong hingga rekruitmen tenaga kerja dengan PT. Cheil Jedang dan PT. Estetika Kata Tiara yang bergerak di bidang peternakan.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr. Idha Widi Arsanti menekankan bahwa “Sesuai arahan presiden Joko Widodo 2019 adalah Tahun pengembangan Sumber Daya Manusia”. Karena itu Kementan terus mentransformasi lembaga pendidikan di awali tahun 2018 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Polbangtan memberikan pendidikan vokasi pertanian dengan kurikulum 70% praktek dan 30% teori sebagai Mix and match dunia pendidikan dan industri untuk menghasilkan alumni yang siap kerja dan berdayasaing menjadi job creator.

Direktur Polbangtan Manokwari Drh. Purwanta. M.Kes menambahkan “Kerjasama pendidikan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kompetensi dunia industri . Kerjasama PKL, Magang, Penelitian dan pengabdian masyarakat, hingga tugas akhir mahasiswa didesain untuk membentuk dosen dan mahasiswa Polbangtan Manokwari yang memiliki karakter sesuai dengan kinerja diperusahaan tersebut, dan sekaligus mengembangkannya di Manokwari Khususnya di Papua Barat”. Kerjasama dituangkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan langsung Direktur Polbangtan Manokwari drh. Purwanta. M.Kes dan disaksikan langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr. Idha Widi Arsanti di Ruang Catur Garta BPPSDMP Gedung D Kementerian Pertanian Selasa (12/2/2019).

Dengan MoU yang ada perusahaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat PKL, Magang, Penelitian, dan Tugas Akhir, perusahan juga dapat melakukan rekriutmen tenaga kerja sesuai dengan standar kebutuhan perusahaan. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr. Idha Widi Arsanti menekankan “Mou segera di tindak lanjuti dengan upaya konkrit link and match antara polbangtan dan perusahaan dari padupadan kurikulum. Mapping mahasiswa dan magang hingga serapan tenaga kerja untuk dunia usaha dan dunia industri”. Kerjasama di berbagai perusahaan diharapkan mahasiswa Tani Milenial Polbangtan Manokwari bisa mempelajari sistim kerja di perusahaan sebagai modal kedepan sebagai pengusaha sukses di bidang pangan. SY/CHA