P4S Memberikan Pembekalan bagi Pemuda Tani

aa | Rabu, 13 Februari 2019 , 17:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah Lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dan dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok. Pembinaan P4S dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan dan/atau melaksanakan pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat pedesaan sehinga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas dan berdaya saing.

Mengacu pada uraian diatas maka balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian sebagai instansi penyelenggara pelatihan pertanian, menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik yang dilaksanakan di P4S Darul Fallah Kec Ciampea Kab Bogor selama 3 (tiga) hari efektif, dari tanggal 7 s.d. 9 Februari 2019.

Peserta sebanyak 20 orang petani muda yang berasal dari Kelompok Tani Sepakat Desa Benteng dan Kelompok Tani Mekar Tani Desa Cibanteng. Adih Supratman, Ketua P4S Darul Fallah mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah P4S Darul Fallah kembali dibina oleh BBPP Lembang yang merupakan salah satu pencetus lahirnya P4S ini. Terimakasih P4S Darul Fallah dipercaya untuk melaksanakan Pelatihan Teknis Tematik ini. Harapannya peserta bisa menerapkan hasil pelatihan di wilayahnya masing-masing”.

“Pelatihan Teknis Tematik ini akan menekankan sistem pembelajaran pola 20% teori dan 80% praktek, materi yang disampaikan disesuaikan dengan perkembangan pertanian saat ini, diantaranya mekanisasi pertanian, pembuatan bokasi sebagai pengganti pupuk kimia, Kultur Jaringan, Budidaya dengan Sistem Hiroponik dan Pemasaran Berbasis Informasi Teknologi”, jelasnya lagi.

Kepala Bagian Umum BBPP Lembang, Taufik Lukman, saat pembukaan pelatihan mengungkapkan,”UPT Pelatihan Pertanian yang berada dibawah Kementerian Pertanian masih sangat terbatas, padahal petani yang memerlukan informasi terkait diseminasi teknologi pertanian sangat banyak jumlahnya. Terkait hal tersebut Kementerian Pertanian memiliki program untuk terus menggali potensi P4S agar menjadi ujung tombak pelaksanaan pelatihan dan penyebaran informasi pertanian”. SY/ADY