Praktek Kerja Lapang SMK PGRI Lembang

aa | Kamis, 14 Februari 2019 , 17:43:00 WIB

Swadayaonkine.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang setiap tahun selalu ramai dengan hadirnya mahasiswa-i dan siswa-i dari berbagai universitas dan SMA/SMK seluruh Indonesia seperti UNPAD, IPB, UGM, UNSOED, UNDIP, UPI, Politeknik Negeri Kupang, UNSIKA, SMK Pertanian dan SMK jurusan non pertanian, dll yang ingin magang/prakerin/PKL di balai selama kurun waktu 1-3 bulan sebagai bagian dari program kampus atau sekolahnya. Tujuannya adalah supaya mereka belajar dan melihat langsung iklim dunia pekerjaan yang sesungguhnya, dan harapannya bisa menempa mereka menjadi sosok generasi muda yang tangguh, disiplin, memiliki etos kerja yang tinggi, dan siap menghadapi dunia pekerjaan dan dunia usaha (DUDI) nantinya.

SMK PGRI Lembang sebagai sekolah menengah atas yang letaknya dekat dengan BBPP Lembang, pun turut mengirimkan 3 orang siswanya untuk PKL di BBPP Lembang selama 3 bulan, mulai dari Januari – Maret 2019. Ketiganya ditempatkan untuk belajar, mengamati, dan praktik tiap hari membantu pekerjaan pegawai, khususnya di Sub Bagian Kepegawaian dan rumah Tangga. Seperti terlihat siang ini, Kamis (14/02/2019), ketiganya melakukan pekerjaan-pekerjaan rutin membantu Analis Kepegawaian, Pith Rahim, Arsiparis, Siti Kasifah, dan Agendaris, Anang, melakukan kegiatan entry Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), penanganan surat masuk, entry surat tugas, dan administrasi Kenaikan Gaji Berkala (KGB). Revilia, siswi yang ketika ditemui sedang asyik melakukan entry data SKP seluru pegawai BBPP Lembang, mengatakan, “dengan PKL disini, saya jadi mengetahui apa yang menjadi dasar penetapan kinerja setiap pegawai yaitu melalui pengisian SKP. Saya membantu memperbaiki uraian SKP yang belum sesuai dan ketika ada perubahan, serta kuantitasnya”.

Lain halnya dengan yang diungkapkan oleh Putri, “saya membantu melakukan pengarsipan dokumen seperti surat tugas yang harus berurutan berdasarkan nomor surat tugas agar saat penelusuran ketika dibutuhkan, tidak mengalami kesulitan”, “Kami juga disini membantu proses KGB pegawai selama tahun 2019”, ungkapnya lagi. SY/CHE