Mentan Gelar Operasi Pasar Bawang Putih Rp.10.000-23.000/Kg

udin abay | Sabtu, 20 Mei 2017 , 12:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertànian bekerjasama dengan Asosiasi  Pedagang Pajale dan Asosiasi Importir Bawang Putih gelar Operasi Pasar di Pasar Induk Buah dan Sayuran Osowilangun, Surabaya.
Operasi pasar  untuk  komoditi bawang putih yang dijual dengan harga Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000/Kg, bawang putih impor asal India  dan Rp. 23.000/ Kg, bawang putih impor asal cina.

Harga ini turun jauh dari yang semula di pasar dijual dengan harga Rp. 45.000, kini dijual Rp. 23.000 Pada tingkat Distributor  (ada penurunan sebesar Rp. 22.000.).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dihadapan media dan masyarakat pedagang, mengatakan "Kits sudah melihat bahwa harga turun hingga Rp. 22.000, jadi tidak ada alasan lagi harga tinggi".

Jika ada oknum yang mrnimbun dan  menjual bawang putih dengan harga tinggi, maka akan berhadapan dengan hukum, tegas Menteri. 

Saya minta bapak Kapolda dan Kasdam agar mengawasi semua Kapolsek dan Babinsa, Kita harus tegas jangan permainkan harga ditengah masyarakat yang sedang Ibadah, bila ada yang main_main "Kita akan Cabut Ijin Usahanya di seluruh Indonesia" tidak boleh berdagang lagi.

Sementara itu ketua Asosiasi Pedagang Pajale, Piko Setyadi menyatakan bahwa Operasi pasar kàli ini menurunkan bàwang putih sebanyak 100 ton.
Asosiasi pedagang pajale sendiri menyatakan siap mengawal stabilitas harga bawang putih bukan hanya saat jelang Ramadhan, tetapi sepanjang tahun.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, yang turut hadir mengatakan untuk Prop. Jawa Timur  mulai dari Kabupaten/Kota hingga Kecamatan Stok Pangan  aman dan hal ini sudah ďilihat langsung ke gudang bulog, ketersediaan itu ada di gerai_gerai bulog maupun Toko Tani Indonesia binaan langsung Kementerian Pertanian.

Kami dan Masyarakat Jawa Timur, saat berterimakasih kepada Mentan Andi Amran Sulaiman, yang sangat memperhatikan dan konsisten menjaga kepentingan Masyarakat Luas khususnya Petani. Terimakasih Bapak Menteri pungkas Gus Ipul. SY