Kementan Akan Selenggarakan Temu Teknis Penyuluh Pertanian dan Petani Andalan di Purwakarta

udin abay | Jum'at, 15 Februari 2019 , 23:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian akan menyelenggarakan “Temu Teknis Penyuluh Pertanian dan Petani Andalan Menuju Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045” tanggal 27 Februari 2019 di Tajug Gede Cilodong, Desa Cibungur, Bungursaru, Perwakarta, Jawa Barat. “Pada acara tersebut akan dilakukan gerakan tanam padi gogo dengan 98 varietas padi, Launching Ekspor Manggis ke China dan panen manggis, serta pemberian bantuan ternak, benih padi, benih manggis, dan alsintan”, ungkap Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPSDMP) Kementerian Pertanian, Momon Rusmono.

“Temu Teknis Penyuluh dan Petani Untuk Mewujudkan Petani Hebat, Maju dan Makmur” merupakan tema yang diangkat, yang akan dihadiri ribuan peserta terdiri dari penyuluh, unit pelaksana teknis pertanian, rumah tangga miskin, santi tani milenial, serta pelajar dan mahasiswa. Menurut Momon, peserta yang akan hadir dari 5 wilayah yaitu Kabupaten Purwakarta, Cianjur, Subang, Karawang, dan Indramayu. 

Untuk kegiatan Gerakan Tanam Padi Gogo, saya minta Badan Litbang sebagai koordinatornya, maka BBPP Lembang sebagai penanggung jawab UPSUS wilayah Purwakarta silakan berkoordinasi dengan BB Padi. Untuk launching ekspor manggis, koordinatornya Ditjen Hortikultura. Informasinya juga akan ada panen manggis, apakah nanti Pak Menteri kita arahkan untuk ikut panen manggis atau hanya launching ekspor saja, mari kita koordinasikan kemudian”, jelas Momon. “ketiga, untuk kegiatan pemberian bantuan, sasarannya adalah rumah tangga miskin dan santri tani milenial”, jelas Momon lagi.

Rapat tersebut dihadiri Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah, Kepala Dinas Pertanian Kab. Purwakarta, Agus Suherlan, perwakilan dari Ditjen Hortikultura, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Perkebunan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Badan Litbang Pertanian, Badan Karantina Pertanian, Biro Umum, Biro Humas dan Informasi Publik, BB Padi, BBPP Lembang, Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, dan Dinas Pertanian Kabupaten Subang. SY/RMY