Penyuluh dan Petani Siap Membangun Perekonomian Pedesaan

udin abay | Sabtu, 16 Februari 2019 , 09:44:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian pertanian saat ini sedang membangun program-program untuk mewujudkan swasembada pangan menuju lumbung pangan dunia tahun 2045, selain juga membangun SDM yang profesional dan berdaya saing. Badan Penyuluhan dan Pengembanga SDM Pertanian (BPPSDMP) merupakan unit eselon 1, terus membangun SDM bagi penyuluh dan petani yang berkualitas, profesional dan berdaya saing sehingga menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia 2045 bisa tercapai.

Untuk itu, BPPSDMP Kementan terus menerus melakukan berbagai program yang mendorong penyuluh, petani dan stakeholder lainnya terus berkoordinasi dan sinergitas untuk meningkatkan kapasitas dan ketrampilannya dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian. Selain itu penyuluh dan petani juga bisa paham mengenai pemasaran, membangun jejaring dengan dunia permodalan, dan lainnya.

Untuk mewujudkan sinergitas penyuluh dan petani dalam membangun pertanian modern, Pusat Penyuluhan Pertanian (Puslihtan) telah banyak melakukan program - program yang melibatkan para penyuluh dan petani, salah satunya yang di lakukan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tanggal 16 Februari 2019 yaitu melakukan Temu Teknis Penyuluh dan Petani.

Lebih dari 2000 peserta yang hadir pada acara temu teknis tersebut, yang dibuka langsung secara resni oleh Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono. Menurut Hasan Latuconsina dari BPPSDMP, dengan temu teknis penyuluh dan petani ini, diharapkan dapat membangun sinergi antara penyuluh dan petani dalam membangun perekonomian di pedesaan. SY/LTU