TEFA, Solusi Pembelajaran Revolusi Industri 4.0

udin abay | Selasa, 19 Februari 2019 , 16:50:00 WIB

Swadayaonline.com - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang (YoMa) mulai berbenah menyambut era revolusi industri 4.0. Satu langkah maju tercetuskan, polbangtan adakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh unsur yang ada dalam bedah kurikulum.

Penerapan Teaching Factory (TEFA) adalah upaya mengakselerasikan antara kebutuhan dan kompetensi Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) disesuaikan dengan pembelajaran di kampus. Rakor diadakan selama dua hari mulai tanggal 14 sampai 15 Februari 2019 di Yogyakarta untuk mendengarkan paparan rencana pelaksanaan TEFA pada tiga program studi dihadapan dunia usaha dan dunia industri pertanian.

Pelaksanaan Rakor ini, sejalan dengan instruksi Andi Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian dalam penguatan pembelajaran TEFA melalui peningkatan kualitas jajarannya. Rakor ini menghadirkan Purwadi selaku rektor dari Institut Pertanian STIPER Yogyakarta. Rajiman, selaku Direktur Polbangtan YoMa mengatakan bahwa pembelajaran TEFA adalah pengintegrasian pembelajaran pada DUDI ke dalam kurikulum kampus.

Mahasiswa dapat terlibat langsung dalam proses produksi, sehingga kompetensinya dibangun berdasarkan kebutuhan produksi. Produk menjadi kunci utama keberhasilan pelaksanaan pembelajaran TEFA. Kegiatan Rakor ditutup melalui panel pemaparan hasil diskusi tentang proses pembelajaran TEFA di setiap program studi pada Polbangtan YoMa. SY/FKA