Masyarakat Berburu Pangan Murah di TTI

udin abay | Rabu, 14 Juni 2017 , 21:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Memasuki minggu ke tiga bulan puasa ramadhan, masyarakat,  terutama ibu-ibu di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) masih ramai berburu bahan pangan dengan harga terjangkau. Salah satu yang menjadi objek buruan adalah Toko Tani Indonesia (TTI) yang pada hari ini (14-6) secara serentak mengelar bazar pangan murah di berbagai tempat.

Beberapa tempat yang ramai dikunjungi warga adalah bazar di halaman perkantoran Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang di kawasan Blok M Jakarta Selatan, PUSPOMAD di kawasan Gambir Jakarta Pusat,  di Kecamatan Sukmajaya Depok, Jawa Barat dan  lainnya.

Dalam  bazar ramadhan ini TTI menjual berbagai bahan pangan pokok strategis seperti beras, daging, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, cabe rawit, daging ayam, telur, dan gula dibawah harga pasaran.

Bazar yang dibuka sejak jam 08.00 pagi dipadati pengunjung, sehingga hanya beberapa jam berbagai bahan pangan sudah terjual habis. Bahkan Di Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Puspomad) Gambir, baru satu jam sudah terjual daging 100 kg; bw merah 50 kg dan bawang putih 100 kg.

"Saya sangat senang belanja di TTI karena harganya murah dan kualitasnya juga bagus," kata ibu Nur sambil menenteng beras berlogo TTI. 

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, PUSPOMAD, Ibu Ana Dedi mengatakan sangat berterimakasih dengan kehadiran TTI di bazar murah, krn bahan pangan yang dijual sangat bermanfaat bagi anggota.

"Bahan pangan yang dijual selain bagus-bagus kualitasnya, harganya juga terjangkau," kata Ibu Ana Dedi.

Di Kementerian Dalam Negeri, tidak kalah menariknya, ibu-ibu anggota Dharmawanita dan karyawati terlihat berbaur membeli bahan pangan di TTI. Bahkan beberapa jajaran pimpinan seperti Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Sekretaris Jenderal Kemendagri dan Ketua Dharma Wanita Kemendagri nampak terlihat dilokasi bazar.

Menurut Tedi dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian yang mengawal TTI di Kemendagri, antusiasme pembeli bazar ramadhan luar biasa ramainya. " kami sampai kewalahan melayani pembeli. Hari ini terjual beras sebanyak 3,1 ton," jelasnya.

"Bazar Ramadhan ini bertujuan membantu masyarakat untuk memperoleh harga pangan dengan mudah dan murah serta tetap berkualitas. Kami sangat berterimakasih TTI Kementerian Pertanian ikut tampil dibazar ini,"  ujar Ketua Dharma Wanita Kemendagri Ibu Ervina Yuswandi.

Sedangkan bazar di Kec. Sukmajaya Depok
Mendapat antusiasme warga luar biasa,  sehingga stok yang dibawa TTI hanya dalam tempo 1 jam sudah ludes terjual.

" Warga sangat antusias untuk berbelanja bahan pangan di TTI, sehingga dalam sekejap bahan yang kami bawa ludes terjual. Bahkan banyak warga yang tidak kebagian" kata Damanik dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menjelaskan.

Camat Sukmajaya Taufan Abdulfatah yang didampingi aparat kecamatan sangat berterimakasih TTI Kementan ikut meramaikan bazar ramadhan, sehingga warga Sukmajaya dan sekitarnya dapat membeli pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

Karena banyaknya masyarakat yang berminat terhadap bahan pangan yang dijual TTI, tidak sedikit warga yang memesan bahan pangan, terutama daging, beras, bawang merah dan bawang putih. SY