Selupu Merah Selupu Putih, Sah Menjadi Varlok Rejang Lebong

aa | Rabu, 13 Maret 2019 , 07:08:00 WIB

Swadayaonline.com - Tidak seperti kisah dongeng bawang merah bawang putih, Selupu Merah dan Selupu Putih hidup rukun di Bumi Raflesia tepatnya di Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Setelah melalui perjalanan panjang mulai dari identifikasi, inventarisasi, karakterisasi dan pendaftaran yang dilakukan melalui kegiatan Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal, akhirnya pada tanggal 29 Januari 2019 bawang merah Selupu Merah dan bawang putih Selupu Putih telah sah menjadi Varietas Lokal Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian (Pusat PVTPP) dengan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), BPTP Balitbangtan Bengkulu, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, dan UPTD Pengawasan, Pengujian dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (PPSBTPHP). Dengan terbitnya Tanda Daftar Varietas Lokal ini, Selupu Merah dan Selupu Putih menjadi kekayaan Sumber Daya Genetik Varlok Kab. Rejang Lebong mendukung pengembangan kawasan komoditas hortikultura di Kab. Rejang Lebong.

Bawang merah Selupu Merah dan bawang putih Selupu Putih sangat adaptif di Desa Sambi Rejang yang mempunyai ketinggian 700 mdpl. Bawang merah Selupu Merah dengan penciri utama memiliki umbi besar dengan berat 11 - 37 g/umbi, warna umbi kuning merah, tahan hama dan penyakit, daya simpan mencapai 3 bulan, hasil umbi 22,5 ton/ha. Bawang putih Selupu Putih memiliki penciri utama terdapat 3-4 serindil pada batang, jumlah anakan 12 anakan, tahan hama dan penyakit, hasil umbi 20 ton/ha serta daya simpan umbi 2-3 bulan.

Bawang merah Selupu Merah dan bawang putih Selupu Putih pada awalnya hanya dibudidayakan oleh satu orang petani di Kelompok Tani Lohjinawi di Desa Sambirejo Kec. Selupu Rejang Kab. Rejang Lebong. Dikan, begitu nama panggilannya yang sangat bersemangat mengembangkan bawang merah dan bawang putih di wilayahnya sejak tahun 1994. Berkat semangat dan kerja uletnya bersama Poktan Lohjinawi, saat ini budidaya bawang merah Selupu Merah dan bawang putih Selupu Putih telah meluas ke poktan dan desa lainnya di Kabupaten Rejang Lebong. SY/HMSL