Sampang Maju Bersama Wujudkan Pembangunan Pertanian di Madura

udin abay | Kamis, 21 Maret 2019 , 21:26:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan menyiapkan dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pertanian petani di BPP Torjun, Kabupaten Sampang melalui bimbingan teknis (Bimtek) budidaya jagung, cabai, bawang merah, yang mengusung tema "Petani Madura Bersatu Maju Berrsama". Acara dibuka oleh Asisten Pemerintahan Bagian Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sampang Dr. Ec. Saryono, MM, dan dihadiri oleh Plt Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Muspika Kecamatan Torjun serta undangan lainnya. (21/3/2019)

Kepala BBPP Ketindan, Dr. drh. Kresno Suharto, MP dalam sambutannya merespon semangat generasi milenial Kabupaten Sampang dalam menunjang pembangunan pertanian. Sedangkan Kepala Dinas dalam laporannya berharap agar tujuan kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan, keterampilan teknis para petani di Kabupaten Sampang khususnya budidaya jagung, cabai, dan bawang merah, sehingga diharapkan dapat mendorong petani untuk mampu menggali potensi wilayah agar produksi dan produktivitasnya meningkat serta memiliki nilai tambah produk.

Sasaran Bimtek sebanyak 90 orang petani yang berasal dari anggota/pengurus kelompok tani dari Kabupaten Sampang, jumlah dan alokasi peserta. Bimtek bawang merah di BPP Sokobanah sebanyak 30 orang yaitu Kecamatan Sokobanan 20 orang, Camplong 4 orang, Omben 6 orang. Bimtek komoditas cabai di BPP Tambelangan sebanyak 30 orang, yaitu Kecamatan Tambelangan 16 orang, Jrengik 4 orang, Torjun 4 orang, Kedungdung 6 orang. Bimtek komoditas jagung di BPP Karang Penang sebanyak 30 orang, yaitu Kecamatan Karang penang 20 orang, Sokobanah 4 orang, Sampang 2 orang, dan Robatal 4 orang.

Dalam menambah Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Metode Bimtek berupa teori dan praktek di masing-masing BPP serta On Job Training di petani yang berhasil. SY/YNI