BPTP Banten Tingkatkan Kapasitas KWT Melalui Pembuatan Mie Mocaf Siap Jual

udin abay | Minggu, 24 Maret 2019 , 09:57:00 WIB

Swadayaonline.com - Salah satu rangkaian Kegiatan Bioindustri Berbasis Ubi Kayu BPTP Banten adalah pengolahan ubi kayu menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Ubi kayu sebagai bahan pangan rakyat melalui teknologi dimodifikasi dapat diubah menjadi produk yang memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dengan nilai ekonomi yang lebih tinggi. 

Saat ini yang telah dilakukan adalah pembuatan mocaf. Selanjutnya mocaf dapat  diolah lebih lanjut menjadi berbagai produk makanan, seperti penganan kue dan mie. 

BPTP Banten melanjutkan peningkatan kapasitas bagi KWT binaan Kegiatan Bioindustri Ubi Kayu di Kab. Lebak melalui pelatihan  pembuatan mie berbahan dasar mocaf.

Pelatihan dilakukan pada KWT Tut Wuri Handayani yang berlokasi di Desa Sukarame, Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak (21/03/2019). Peserta sebanyak 32 orang termasuk PPL dan anggota Poktan Sri Rejeki tampak sangat antusias mengikuti acara.

Melalui pelatihan ini, peserta sudah dapat membuat mie mocaf dan melakukan pengemasan serta pelabelan sehingga produknya siap jual. Untuk mendukung usaha,  KWT telah diberikan bantuan alat pembuatan mie mocaf.

Untuk menilai keberhasilan kegiatan pembelajaran, dilakukan pula uji sederhana dan respon peserta terhadap teknologi yang disampaikan melalui pre test dan post test kepada para peserta.

"Kami senang dengan kegiatan ini karena dapat membuka wawasan kami  tentang olahan mocaf dan peningkatan nilai tambah produk" ucap Denti salah satu anggota KWT Tut Wuri Handayani. 

Denti melanjutkan bahwa ke depannya dimungkinkan dapat menambah pendapatan keluarga atau paling tidak untuk peningkatan dan penganekaragaman gizi keluarga. SY/HMSL