Santri Tani Milenial Belajar Budidaya Ayam KUB

udin abay | Jum'at, 05 April 2019 , 14:03:00 WIB

Swadayaonline.com - Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi bagi Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM). Kali ini dilaksanakan di BPP Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah peserta 120 orang dari 12 pondok pesantren.

Pembukaan kegiatan, Kamis (04/04/2019) oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Ramadani Saputra. “Selama Bimtek akan diajarkan budidaya ayam kampung mulai dari pembuatan kandang, pemeliharaannya, bagaimana pemberikan pakan dan mengenal penyakit pada ayam dan mencegahnya. Saya berharap peserta bisa memanfaatkan ini dengan baik, interaktif dengan fasilitator sehingga sepulang dari sini bisa beternak ayam kampung dengan baik”, jelas Ramadani. “Apabila menemui kesulitan, terus komunikasi dengan Dinas para penyuluh sehingga sukses bisnis ayam kampung”, ujarnya lagi sesaat sebelum membuka kegiatan secara resmi.

Selanjutnya dijelaskan oleh fasilitator tentang Ayam Kampung Unggul Balitbang (KUB) yang akan diberikan kepada setiap KSTM yaitu paket budidaya ayam kampung sebanyak 500 ekor, bantuan pembuatan kandang, bantuan pakan, vaksin, vitamin dan desinfektan. Ayam KUB ini memiliki kelebihan lebih tahan penyakit, bertelur lebih banyak, dan pertumbuhannya cepat. Bimtek dilaksanakan selama 2 hari, 4-5 April 2019. Selama Bimtek, peserta diberikan materi tentang, desain kandang ayam; cara membuat kandang ayam; pemeliharaan ayam, pengelolaan pakan ayam dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit. Fasilitator Bimtek merupakan penyuluh pertanian di Kabupaten Tasikmalaya. ​SY/CHE