Kementan dan Pemda Perkuat Sinergi Dukung Pengembangan Kawasan Jeruk RGL di Bengkulu

udin abay | Kamis, 11 April 2019 , 18:43:00 WIB

Swadayaonline.com - Melalui komoditas unggul Jeruk Rimau Gerga Lebong (RGL), saat ini Bengkulu dengan optimis sedang menapaki jalan menjadi sentra agribisnis jeruk nasional yang potensial. Jeruk RGL yang sudah ditetapkan sebagai varietas unggul nasional pada 2012, dengan SK No. 2087/Kpts/SA.120/6/2012 ini diyakini mempunyai daya saing yang mumpuni untuk menjadi komoditas ekspor unggulan dari Bengkulu.

Buah dengan ukuran relatif besar, kulit dan daging Buah berwarna kuning oranye dengan citarasa yang khas dan kulit buah agak tebal sehingga mempunyai daya simpan lama. Pada awalnya, jeruk RGL dikembangkan di Desa Rimbo Pengadang, Kecamatan Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong. Selanjutnya, sejak tahun 2014 jeruk RGL mulai dikembangkan di Kabupaten Rejang Lebong berawal dari Desa Pal VII Kecamatan Bermani Hulu Raya.

Langgeng Jauhari, yang bertugas sebagai Pengawas Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Rejang Lebong, yang pertama kali menanam jeruk RGL pada tahun 2014 di Desa Pal VII, Kec. Bermani Hulu Raya. Langgeng mengungkapkan, "pada awalnya, jeruk RGL di Kab. Rejang Lebong hanya seluas 30 ha dengan populasi per ha 300 batang. Pada tahun 2015, bertambah seluas 40 ha dan pada tahun 2016 bertambah lagi 100 ha. Tahun 2017, penanaman jeruk bertambah seluas 200 ha.

Saat ini, luas tanam jeruk RGL di Kab. Rejang Lebong telah mencapai 300 ha dengan 200 ha diantaranya sudah mulai berbuah" jelas Langgeng. "Tantangan yang dihadapi saat ini adalah permintaan pasar terhadap jeruk RGL sangat tinggi tetapi produksi belum dapat memenuhi permintaan. Harapannya, pemerintah daerah melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu dan stakeholder terkait dapat membantu pengembangan jeruk RGL ini sehingga luasan kawasan jeruk RGL semakin bertambah dan berkembang serta produksi meningkat," lanjut Langgeng.

Dukungan Pemerintah Provinsi Bengkulu juga semakin nyata, ditunjukkan dengan kunjungan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, M.MA beserta jajarannya baru-baru ini menemui petani jeruk di Desa Pal VII. BPTP Balitbangtan Bengkulu pun tak mau tinggal diam melihat prospek jeruk RGL ini. Berbagai kegiatan pengkajian dan diseminasi difokuskan untuk jeruk RGL sejak tahun 2012 untuk mendukung pengembangan kawasan jeruk RGL di Provinsi Bengkulu.

Mulai dari pengkajian teknologi budidaya hingga pascapanen, pendampingan teknologi kepada petani, hingga diseminasi teknologi perbenihan, produksi benih sebar, dan saat ini inisiasi korporasi petani. Tentunya dengan dukungan penuh dari Agroinovasi Balitbangtan Kementan, Balitjestro Indonesia dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu (Dr. Ir. Darkam Musaddad M.Si) menjelaskan BPTP Balitbangtan Bengkulu bersama-sama dengan pemerintah daerah mengawali sinergi dalam program pengembangan kawasan agribisnis jeruk melalui penyediaan benih bermutu untuk masyarakat. Sejak tahun 2017 hingga saat ini, BPTP Balitbangtan Bengkulu melaksanakan kegiatan produksi benih sebar jeruk dengan target output benih jeruk bebas penyakit dan bersertifikat.

Kegiatan produksi benih dimulai dari penyiapan batang bawah melalui kegiatan APBN-P TA 2017 serta dilanjutkan dengan okulasi dan sertifikasi pada Tahun 2018, dan pada tahun 2019 masih mendapat amanah untuk memproduksi benih sebar jeruk.

Lebih lanjut Darkam menjelaskan, pada tahun 2019 ini juga BPTP Balitbangtan Bengkulu melakukan beberapa kegiatan terkait komoditas jeruk RGL, diantaranya kegiatan kajian inhouse Teknologi produksi lipat ganda jeruk, Pendampingan pengembangan kawasan pertanian dengan fokus komoditasnya jeruk dan kopi, Analisis kebijakan peningkatan produksi pangan strategis dengan fokus komoditas jeruk RGL, dan program terbaru dari Kementerian Pertanian RI yaitu Kawasan Petani Sejahtera (SAPIRA).

BPTP Balitbangtan Bengkulu mendapatkan amanah kegiatan ini dan ditugaskan untuk mendampingi pengembangan kawasan dengan fokus komoditas jeruk dan kopi. Semoga seluruh program ini berjalan lancar dan memperoleh hasil yang baik yang dapat semakin memperkuat dukungan untuk pengembangan kawasan jeruk RGL di Provinsi Bengkulu, ungkapnya lagi.

Masih banyak hal yang harus dilakukan guna mewujudkan Bengkulu menjadi kawasan agribisnis jeruk RGL yang berdaya saing dan berkelanjutan, yaitu sanitasi kebun pertanaman jeruk harus diwaspadai terkait kehadiran penyakit CVPD yang masih endemis di Indonesia, produktivitas optimal, kualitas buah premium dan seragam, dan kontinuitas sesuai kebutuhan pasar yang dilanjutkan dengan pendaftaran kebun sebagai syarat untuk bisa ekspor, penguatan kelembagaan petani baik kelompok tani, gabungan kelompok tani maupun Asosiasi Jeruk RGL berbasis koperasi agar pengelolaan kebun, panen dan pemasaran jeruk bisa dikoordinasikan dan dilakukan secara komunal, komitmen dan konsistensi dukungan Pemda, perbankan dan stakeholder lainnya perlu dipelihara untuk menjamin keberlanjutan agribisnis jeruk RGL di Provinsi Bengkulu. SY/HMSL