Teknologi Persemaian Untuk Peningkatan Kualitas Bibit Tanaman

udin abay | Senin, 15 April 2019 , 17:25:00 WIB

Swadayaonline.com - Kelompok Tani Master Lemon yang berlokasi di Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang, merupakan peserta Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model yang tergabung di Angkatan 49. Kamis (11/04/2019), belajar tentang teknologi persemaian untuk komoditas sayuran brokoli dan juga berlatih tentang pengolahan lahan menggunakan alat mesin pertanian jenis cultivator.

“Teknologi persemaian ini dengan cara bibit tanaman brokoli diseleksi terlebih dahulu untuk dipilih yang bagusnya. Lalu menyiapkan media arang sekam dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 1:1”, ungkap Ineu, salah seorang fasilitator pelatihan saat memberi materi dihadapan 30 orang peserta yang hadir.

Setelah itu arang sekam diletakkan didalam tray lalu bibit tanaman brokoli satu persatu ditanam disetiap kotak tray oleh peserta. “Persemaian dengan menggunakan tray ini membuat tanaman akan tumbuh dengan lebih optimal”, ungkap Ineu lagi.

Selanjutnya peserta praktik pengolahan lahan menggunakan cultivator agar lebih cepat, efisiensi tenaga dan hasilnya lebih baik. Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran kerjasama BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission ini terselenggara sudah menginjak tahun ke-3, sejak awal tahun 2017 hingga akhir 2019 dengan target melatih 1.800 petani di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan sebagian Kabupaten Bandung. Tidak hanya peningkatan kompetensi petani yang diharapkan dari pelatihan ini, melainkan juga adanya peningkatan pendapatan petani.

Karenanya, pelatihan ini berbasis outcome, memadukan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan selama 1 siklus budidaya atau maksimal selama 1 tahun. Di akhir sesi, peserta akan bergabung dalam pemasaran bersama dengan nama Bandung Vegetables Station (BAVAS) sehingga produk sayurannya akan bisa dikelola bersama di Packing House yang ada di BBPP Lembang. SY/CHE