Menarik Minat Generasi Milenial untuk Wirausaha Ayam Kampung

udin abay | Jum'at, 19 April 2019 , 11:39:00 WIB

Swadayaonline.com -.Ayam kampung merupakan salah satu produk peternakan yang unggul. Apabila ditekuni dengan baik, tentunya wirausaha ayam kampung menjanjikan kesejahteraan bagi yang mengelolanya. Salah satu upaya Kementerian Pertanian mencetak wirausahawan handal dibidang peternakan ayam kampung adalah dengan dengan menggenjot generasi milenial usia 15-39 tahun di lingkungan pondok pesantren untuk sukses wirausaha ayam kampung, melalui Program Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM).

Ketentuan KSTM penerima bantuan adalah Pondok pesantren memiliki lahan untuk penempatan kandang dengan kapasitas 500 ekor ayam (umur 4 minggu), KSTM memiliki minat  dibidang peternakan ayam, Setiap KSTM terdiri dari 20-30 orang, Setiap Pondok Pesantren memiliki maksimal 3 KSTM, dan Anggota KSTM berusia 15 – 39 tahun, KSTM siap menjalankan usaha.

Program penumbuhan dan penguatan KSTM ini berupa  bantuan paket budidaya ayam kampung yaitu: 500 ekor ayam kampung KUB usia 4 minggu, bantuan pakan 2kg/ekor selama 2 bulan, obat-obatan dan vitamin serta desinfektan, bantuan pembuatan kandang ayam sebesar 3 juta, dan pelaksanaan bimtek selama 2 hari bagi 10 orang per KSTM. Untuk pelaksanaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi bagi KSTM di Kabupaten Garut Angkatan 3 yang merupakan kerjasama BBPP Lembang dan Pusat Pendidikan Pertanian, dilaksanakan selama 2 hari mulai 4-5 April 2019 berlokasi di Kantor Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, dengan peserta 100 orang. Fasilitator selama Bimtek yaitu dari Dinas dan Univesitas Garut.

Selama Bimtek, peserta diberikan materi tentang: Desain kandang ayam; cara membuat kandang ayam; pemeliharaan ayam; pengelolaan pakan ayam; dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit. Mega Royani, Dosen Universitas Garut menyampaikan materi tentang Pemberian Pakan. “Syarat pakan harus ada setiap saat, murah, dan tidak bersaing dengan manusia”, ujarnya dihadapan peserta, Jumat (05/04/2018) SY/CHE