PWMP Penghela Ekonomi Kreatif dan Inovatif

udin abay | Jum'at, 19 April 2019 , 12:55:00 WIB

Swadayaonline.com - Gerakan penumbuhan generasi muda milenial di bidang pertanian yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi dilaku kan dengan memperkuat pendidikan dan pelatihan vokasi. Pendidikan tinggi vokasi memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan untuk penanganan usia angkatan kerja dan mendidik mereka menjadi tenaga-tenaga terampil, profesional dan memiliki daya kompetitif tinggi yang akan meningkatkan daya saing bangsa.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah me-rebranding profesi petani di Indonesia melalui transformasi enam Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yakni Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa dan Polbangtan Manokwari. Selain itu 3 SMK-PP di bawah BPPSDMP pun sedang dalam proses menjadi Polbangtan ditambah satu Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI).

BPPSDMP juga membina 78 SMK Pertanian di seluruh Indonesia. Salah satu program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh BPPSDMP melalui Pusat Pendidikan Pertanian yaitu Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). PWMP adalah upaya penumbuhan dan peningkatan minat, keterampilan dan jiwa kewirausahaan generasi muda di bidang pertanian khususnya mahasiswa/alumni Polbangtan, siswa SMK-PP, dan alumni perguruan tinggi pertanian melalui sinergi dengan 29 perguruan tinggi Mitra di bawah koordinasi Polbangtan. Program kewirausahaan tersebut bertujuan untuk Penyadaran, penumbuhan, pemandirian, dan pengembangan minat, keterampilan dan jiwa kewirausahaan generasi muda di bidang pertanian, Mengembangkan peluang bisnis bagi lulusan sehingga mampu menjadi job-creator di sektor pertanian (agribisnis), Mendorong pertumbuhan dan perkembangan kapasitas lembaga penyelenggara pendidikan pertanian sebagai center of agrisociopreneur development berbasiskan inovasi agribisnis.

Dirintis sejak tahun 2015, kini program PWMP yang menyasar mahasiswa dan alumni Polbangtan, Siswa SMK PP/SMK Pertanian, Alumni Perguruan Tinggi Pertanian dan generasi muda lainnya ini telah diberikan kepada 1.015 kelompok PWMP. SY/NL