Panen Labu Madu Varietas F1 Peacock

udin abay | Kamis, 25 April 2019 , 16:24:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan melaksanakan panen perdana labu madu varietas F1 Peacock. Panen dilakukan oleh sejumlah petugas lahan dan siswa prakerin dari SMK PP. Labu madu yang dibudidayakan oleh widyaiswara BBPP Ketindan, Nunung Nurhadi adalah produksi Known You Seed.

Luas lahan yang ditanami 110m2 dengan populasi 80 pohon. Sedangkan panen pertama ini masih dilakukan ¾ lahan atau populasi yang ditanam. Hasilnya mencapai 60 buah dengan berat rata-rata 4 kg dan yang besar mencapai 6 kg. Untuk ¼ sisa populasi yang belum dipanen perkiraan akan dipanen dua minggu lagi. Sedangkan buah yang kualitasnya tidak mencapai masa panen/ melebihi masa panen akan diujicobakan untuk diolah menjadi beberapa produk olahan makanan di laboratorium pengolahan hasil pertanian.

Dipilihnya varietas F1 Peacock karena relatif tahan terhadap tahan serangan hama penyakit. Mempunyai nilai ekonomis dengan harga 10-15 ribu, bahkan di supermarket harganya bisa mencapai 40 - 50 ribu. Selain itu labu jenis ini buahnya lebih besar dan warnanya lebih oranye serta rasanya lebih legit, betakaroten yang dikandungnya membuat lebih sehat untuk dikonsumsi selain itu kaya akan serat, tepat bagi yang sedang diet. SY/YNI