Program Individu dan Kelompok Mahasiswa UPI

udin abay | Selasa, 14 Mei 2019 , 16:11:00 WIB

Swadayaonline.com - Empat orang Mahasiswa-i Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Pendidikan Masyarakat sudah hampir 3 bulan melaksanakan Program Pengalaman Lapang (PPL) di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, terhitung mulai 20 Februari 2019 lalu.

Di penghujung PPL, tiba saatnya untuk melakukan kegiatan Program Individu dan Kelompok dengan sasaran para siswa-siswi SMK Pertanian yang sedang PKL di BBPP Lembang, Jumat (14/05/2019). Keempatnya, Andri, Atin, Wibi, dan Irman dalam Program Kelompok secara bergantian mempresentasikan tentang “Pelatihan Soft Skill dalam Memasuki Dunia Kerja” dihadapan 25 orang siswa-i yang hadir.

Tema besar itu dibai menjadi 4 yaitu mengenal diri, percaya diri dan visi dan goal setting, kontrol diri: menunda kesenangan dan mengelola stres dan kekhawatiran, berpikir kritis dan pemecahan masalah kreatif, empati, dan proaktif, dan mendengar aktif, menghargai, kerjasama, mengatur konflik”.

Antusiasme siswa-siswi tampak dari aktifnya mereka mendengarkan penjelasan yang diselingi dengan beberapa praktik singkat tentang pandangan siswa-siswi untuk masa depannya menghadapi dunia kerja. Kegiatan dilanjutkan dengan Program Individu. Keempat Mahasiswa-i ini membagi diri peserta menjadi 4 kelompok. Lalu secara bersamaan keempatnya memberikan motivasi, brainstorming dengan peserta tentang pelatihan bimbingan masuk perguruan tinggi, pelatihan kewirausahaan, pelatihan sanitasi dan hygiene, dan sosialisasi manfaat platform youtube bagi generasi milenial. Kegiatan ini harapannya bisa memberi manfaat bagi audiens dengan sharing experience, membangun motivasi. Ini sesuai dengan program studi Mahasiswa UPI yaitu Pengabdian Masyarakat. SY/CHE