Penyiapan Pusat Unggul "Model Farm" Untuk Petani Kecil

udin abay | Jum'at, 17 Mei 2019 , 17:18:00 WIB

Swadayaonline.com - Kesungguhan kerjasama antara Dunia Usaha dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang untuk membangun dunia pendidikan dibuktikan dengan kehadiran Tim Teknis PT Nestle Indonesia yang dipimpin oleh Bapak Wisman Djaya selaku Direktur Sustainable Development PIS AGRO, didampingi oleh Ir. Pariatmoko selaku Head of Milk Procurement and Dairy Development beserta tim, untuk memberikan asistensi dalam rangka membangun kandang percontohan sapi perah di Polbangtan Malang.

Pembangunan Model Farm delapan ekor dan model farm lima puluh ekor akan segera terwujud di Polbangtan Malang. Desain terperinci telah disetujui, elemen-elemen kunci model farm akan memenuhi kebutuhan di masa depan dalam transformasi peternakan sapi perah rakyat. Harapannya lulusan Polbangtan akan menjadi changing agent di pedesaan, oleh karena itu Nestle hadir dalam mewujudkan cita-cita tersebut menjadikan kluster peternakan yang memenuhi syarat dan kualifikasi dengan memperhatikan aspek kesejahteraan dan produktivitas hewan.

Contohnya saja, target produktivitas enam belas sampai delapan belas liter atau lima ribu liter per calving interval dengan hasil pendapatan bulanan dari susu segar saja bagi peternak kecil dengan delapan ekor mencapai delapan juta, dengan kondisi harga saat ini, ditambah lagi target pendapatan kandang dengan lima puluh sembilan ekor mencapai lima puluh juta per bulan.

Dalam hal ini, Direktur Polbangtan Malang Bambang Sudarmanto mengemukakan akan menyiapkan lahan jagung sekitar dua hektar yang merupakan sarana yang harus disediakan untuk pelatihan pembuatan silase jagung sebagai pakan ternak, juga nantinya akan dilakukan pendampingan dari PT Lunar Champlast yang berpengalaman luas di dalam pembangunan beberapa large scale farming di Indonesia. SY/FKA