Bantu Promosikan P4S, Puslatan Akan Gelar Agro Training Expo

udin abay | Sabtu, 18 Mei 2019 , 14:16:00 WIB

Swadayaonline.com - Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian akan mengadakan Agro Training Expo. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pelatihan Pertanian, Eka Herrissuparman pada acara Koordinasi Pengembangan Kelembagaan Pelatihan Pertanian Pertanian di Hotel Santika BSD City. (16/5/2019)

Menurutnya, pada kegiatan expo tersebut akan diangkat hasil karya Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S). "Sudah banyak P4S melakukan untuk bangsa, baik produk maupun nilai jasanya bahkan sudah berkembang ke agrowisata. Ini untuk memberikan pengetahuan dan berbagi rasa dengan petani lain serta sangat mengexpose kerjasama P4S dengan pihak terkait", tambahnya.

Kementan melalui Puslatan akan mengeskpose kegiatan P4S baik kegiatan magang maupun pelatihan melalui media sosial, agar termonitor oleh Kementerian Pusat. Manfaat lain dari expose melalui media sosial, juga sebagai media belajar bagi seluruh P4S. "Ini sudah jamannya milenial, melalui website, petani atau P4S yang lain bisa mengakses keberhasilan masing-masing dan saling bertukar informasi untuk kemajuan bersama.

Sementara itu, Kepala Pusat PPMKP Ciawi, Heri Suliyanto mengatakan selama ini P4S keberadaannya tetap bertahan dan eksis tanpa dukungan pemerintah, karena P4S merupakan organisasi swadaya masyarakat yang di kelola kelompoknya secara mandiri dan sudah mempunyai produk unggulan bahkan sampai ekapor dan melakukan pelatihan teknis yang baik.

Bahkan ada P4S yang dipecaya Kementerian Tenaga Kerja untuk melatih instruktur yang mengajar di balai latihan kerja (BLK). "P4S sebenarnya eksisaensinya sudah bagus, cuma belum terexpose secara masif. Di jaman sekarang ini perlu pemanfaatan teknologi agar keberadaannya bisa diketahui dan terexspose", ujarnya.

Heri menambahkan, P4S bukanlah kepanjangan tangan dari pemerintah, tetapi keberadaannya sangat bermanfaat bagi instansi lain yang ingin mengembangkan programnya melalui P4S. Sebagai orgainisasi masyarakat petani, Kementan akan lebih mewadahi, mengangkat dan membesarkannya melalui kegiatan Agro Training Expo. "Dukungan lain berupa fasilitas pembelajaran, membuat kurikulum pembelajaran dan standarisasi pelatihan dan lainnya" ujar Heri. SY/ESAPT