Petani Milenial Lembang Berlatih Budidaya Brokoli di Pelatihan OTM

udin abay | Selasa, 21 Mei 2019 , 16:51:00 WIB

Swadayaonline.com - Anggota Kelompok Tani Agrimuda di Kampung Pengkolan Desa Cikidang Kecamatan Lembang rata-rata berusia 15-39 tahun sehingga termasuk generasi milenial. Ciri generasi milenial adalah adaptif terhadap teknologi dan responsif menghadapi perubahan. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model untuk Angkatan 54.

Pelatihan dibuka pada hari Selasa (21/05/2019) oleh Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur, Irwan Waluya dan dihadiri oleh Widyaiswara sekaligus Counterpart, Dewi PS, Penyuluh Pertanian dan Petugas POPT sebagai fasilitator. “Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi petani agar mampu berbudidaya dengan lebih baik. Dengan demikian produktivitasnya bertambah sehingga pendapatan dan kesejahteraannya meningkat”, jelas Irwan mengawali sambutan.

Pelatihan OTM dilaksanakan sebanyak 7 sesi dimana bobot praktik akan lebih banyak dibandingkan teori, karena dengan praktik langsung peserta akan lebih terampil. Fasilitator pelatihan yaitu Widyaiswara BBPP Lembang, Penyuluh Pertanian, Petugas POPT, dan Core Farmer. Dewi PS, Widyaiswara merangkap Counterpart kerjasama BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission, menyampaikan informasi tentang inisiasi proyek kerjasama penguatan kapasitas petani, hingga kini jalannya kerjasama dan dijelaskan pula kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya.

Di penghujung sesi, Penyuluh Pertanian, Darwin, memandu peserta untuk melaksanakan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan dengan metode Focus Group Discussion. Ini untuk menjaring kebutuhan materi oleh peserta yang akan menjadi kurikulum pelatihan. SY/CHE