Masyarakat Kalteng Manfaatkan Pekarangan Melalui Hidroponik System

udin abay | Selasa, 11 Juni 2019 , 11:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Kabupateb Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah memiliki potensi lahan pertanian yang masih sangat luas, namun prospek pemanfaatan lahan sempit, seperti di pekarangan rumah di pekarangan sekolah , saat ini menjadi tren tersendiri bagi masyarakat perkotaan di Tamiang layang dan Kabupaten Barito Timur KALTENG , untuk menanam berbagai komoditas hortikultura seperti sayuran dan tanaman obat. Tanaman yang dibudidayakan adalah jenis sayur pakcoy, selada dan sawi .

Sistem teknologi hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air yang mengandung nutrisi sebagai media tumbuhnya dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Aplikasi nutrisi menggunakan ukuran satuan parts per million (ppm) yang diberikan kepada tanaman mulai dari pindah tanam dari semaian sampai dengan minggu akhir menjelang panen dan kebetulan pada modul yang kita cek lokasinya sekarang sudah menjelang di panen.

Hara tanaman yang terlarut dalam air menjadi larutan hara dimanfaatkan kembali dengan cara resirkulasi (sistem tertutup) menggunakan energi listrik dengan bantuan pompa air. Dengan sistem hidroponik, maka tanaman relatif lebih cepat tumbuh kembang karena unsur hara dalam larutan dapat secara optimal dimanfaatkan sepenuhnya oleh tanaman, sehingga daun lebih lebar, daging lebih besar dan kokoh seperti tanaman yang ada pada foto yakni sawi, selada dan pakcoy.

Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya dinas pertanian kabupaten Barito Timur KALTENG dan Kementerian Pertanian (Kementan) mengupayakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

RPL merupakan pemukiman penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumber daya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. semoga virus hidroponik mampu menyebar di kabupaten Barito Timur KALTENG dan di seluruh nusantara. SY/HSDM