Kalteng Kembangkan Itik Petelur

udin abay | Rabu, 12 Juni 2019 , 14:17:00 WIB

Swadayaonline.com - Pengembangan itik petelur di Kabupaten barito timur Kalimantan tengah , dinilai sejumlah peternak di wilayah itu saat ini cukup menjanjikan dan prospek yang cukup cerah.

"Beternak itik ini lebih menjanjikan dibanding dengan yang lainnya. Memelihara itik perawatannya mudah, dan kita bisa menjual telur, anakan atau dagingnya," ujar salah seorang peternak itik yang ada di Desa dorong , Kecamatan dusun Timur kabupaten Barito Timur KALTENG yang sudah tergabung dalam kelompok tani .

Pengembangan usaha peternakan itik petelur di Desa Dorong yang dikenal sebagai salah satu wilayah di kecamatan dusun timur kata dia, juga menjadi salah satu pendukung usaha tersebut karena mereka bisa memanfaatkan pakan ternak dari dedak sisa penggilingan padi, kemudian tanaman yang ada di sawah dan kebun di sekitar desa dorong.

"Setiap hari diberikan pakan ternak jadi , pagi dan sore kemudian dikasih dedak yang dicampur dengan konsentrat dan siang harinya diberikan hijauan , bisa juga daun lamtoro yang banyak disekitar kebun ," tambahnya.

Pengembangan usaha peternakan itik di Desa dorong itu sendiri selain dilakukan oleh dirinya serta beberapa anggota kelompok tani lainnya, di mana mereka saat ini telah mendapat modal dari Desa dorong untuk pembelian anak itik ( DOD) . Peternakan ini dibuat diatas lahan seluas 50 meter persegi, dengan jumlah itik yang dipelihara mencapai 30 ekor per orang jenis itik strain Alabio , serta itik turunan dari strain lainnya.

Dari usaha ini, setiap harinya bisa menghasilkan 25 butir telur bebek, dan jika dijual ke pasar dihargai pembeli Rp2.500 per butir. Pada akhirnya semoga dengan adanya pengembangan Budidaya itik petelur ini mampu mengembangkan perekonomian masyarakat kabupaten Barito Timur KALTENG dengan berbasis #ekonomiKERAKYATAN yang mampu memberikan kontribusi dan nilai tambah pendapat masyarakat serta menyuplai kebutuhan protein hewani asal ternak. SY/HSDM